Rekomendasi

Dankodiklatau Buka Pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan Ke-78 TA 2019

Kamis, 21 November 2019 : 15.14
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Komandan Kodiklatau Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, sekaligus selaku inspektur upacara membuka pendidikan Sekolah Pertama Tamtama Prajurit Karier (Semata PK) TNI AU Angkatan Ke-78 Tahun Ajaran (TA) 2019, di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Rabu (20/11/2019).

Upacara pembukaan pendidikan Semata PK TNI AU angkatan ke-78 TA 2019 tersebut, dihadiri oleh sejumlah pejabat Kodiklatau, pejabat Lanud Adi Soemarmo dan Depohar 50 (Pen Smo).

Dalam sambutannya, Komandan Kodiklatau menyampaikan bahwa tujuan pendidikan Semata pada hakekatnya adalah membentuk warga negara Indonesia menjadi prajurit TNI AU yang dilandasi sikap mental dan perilaku prajurit Sapta Marga, memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar prajurit golongan Tamtama.

“Janji siswa yang baru saja kalian ucapkan hendaknya bukan hanya sekedar simbol, akan tetapi harus disertai dengan tindakan kesadaran dan ketulusan hati untuk melaksanakan semua yang telah kalian ucapkan secara lantang serta tegas," ucap Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah.

Lebih lanjut, Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah menegaskan, agar setiap siswa taat dan konsekuen terhadap peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan pendidikan.

"Ikuti dan taati semua peraturan serta tata tertib yang berlaku di lingkungan lembaga pendidikan, karena konsekuensinya apabila terbukti ada siswa yang melakukan pelanggaran tentu yang bersangkutan akan mendapat sanksi sesuai tingkat kesalahan yang dilakukan”, tandasnya.

Komandan Kodiklatau pun menghimbau, agar siswa dapat menggunakan waktu pendidikan yang relatif singkat dengan sebaik-baiknya serta mengkonsentrasikan seluruh kemampuan yang ada, dengan selalu menjaga kesehatan serta kesemaptaan jasmani.

Sehingga, diharapkan seluruh siswa dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik, aman dan lancar. Pendidikan Semata PK TNI AU dilaksanakan selama lima bulan di Skadron Pendidikan 404, dibawah pimpinan Komandan Skadik 404 Letkol Nav Endra Prasetiawan.

Dimana para calon Tamtama TNI AU akan digembleng, ditempa dari masyarakat sipil menjadi Prajurit TNI Angkatan Udara yang profesional, militan dan inovatif.

Upacara tersebut, ditandai pula dengan tradisi pengguntingan rambut dan penyiraman air bunga oleh Komandan Kodiklatau kepada perwakilan siswa, yang selanjutnya akan melaksanakan orientasi.

Jurnalis: Kacuk Legowo

Editor: Gunadi

Share this Article :