Rekomendasi

Densus 88 Tangkap Terduga Jaringan Teroris di Sukoharjo

Senin, 18 November 2019 : 16.37
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror melakukan penangkapan terduga teroris, dan penggeledahan rumah di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Senin (18/11/2019).

Informasi yang diperoleh hariankota.com, di Desa Manang, Kecamatan Grogol, seorang warga diduga dari jaringan teroris ditangkap Densus 88 saat tengah mengendarai sepeda motor.

"Kami telah mendapat laporan warga yang kebetulan melihat penangkapan tersebut di depan SD Negeri 01 Manang, sekira pukul 06.00 WIB tadi,"terang Kepala Desa Manang, Grogol, Sumarno.

Namun begitu, setelah dilakukan penelusuran, yang bersangkutan terduga jaringan teroris tersebut, menurut Kades, bukan warga Desa Manang. "Tadi hasil koordinasi dengan Babinkamtibmas Desa Manang, informasinya yang ditangkap itu warga Baki," imbuhnya.

Kapolsek Grogol, Polres Sukoharjo, Iptu Grandika Indera Waspada saat dihubungi terpisah, membenarkan ihwal penangkapan terduga teroris tersebut. "Itu dari Densus yang melakukan penangkapan," jelasnya singkat.

Dari penangkapan ini, oleh Tim Densus 88 dilakukan penggledahan terhadap sebuah rumah kontrakan di Dukuh Gondang, Desa Siwal, Baki. Diduga, rumah dihuni oleh terduga jaringan teroris yang ditangkap di depan SD Negeri Manang tersebut.

Ketua RT setempat, Mulyono mengatakan, rumah kontrakan adalah milik salah satu warganya. Saat ini ditempati sepasang suami istri dengan satu anak yang masih berumur sekira 1 tahun.

"Namanya BK umur sekira 35 tahun. Dia sudah mengontrak rumah disini hampir 1 tahun ini. Kesehariannya baik, kalau berpapasan dengan warga lain juga menyapa," terang Mulyono.

Hingga berita ini ditulis, belum diperoleh keterangan terkait rencana waktu penggledahan. Sejumlah anggota Polisi dari Polsek Baki, Polres Sukoharjo masih berjaga dilokasi.

"Ini masih nunggu Tim Inafis. Kami hanya diminta standby," tutur seorang anggota Polisi yang enggan disebut namanya. Selain di Baki, Densus 88 juga melakukan penangkapan dan penggeledahan di Dukuh Jatiarum, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto. Tepatnya di Dukuh Jatiarum.

Warga yang di tangkap berdasarkan keterangan Ketua RT, Ahmad Sutrisno berinisial Im (35). Ia diciduk Densus 88 pada Minggu (17/11/2019) malam, usai salat isya.

"Ditangkap setelah salat isya. Saat itu dia berjalan menuju ke rumahnya bersama anaknya," ujar Ahmad. Belum diketahui dari sejumlah penangkapan dan penggledahan, baik BK dan IM terkait dengan kasus atau jaringan teroris mana.

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :