Rekomendasi

Enam Tersangka Budak Narkoba di Sukoharjo Digelandang Polisi

Jumat, 22 November 2019 : 15.42
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Satres Narkoba Polres Sukoharjo mengungkap peredaran sabu dan ganja dengan hasil mengamankan enam tersangka beserta barang bukti sabu seberat sekira 3,17 gram, dan ganja sekira 8,02 gram.

Dari enam tersangka, satu merupakan seorang perempuan yakni ISM (41), warga Karakan, Weru, Sukoharjo. Diketahui, ini kali kedua dia ditangkap polisi dalam kasus yang sama.

ISM ditangkap bersama dua tersangka lain, HFD (22) warga Joyosuran Pasar Kliwon Solo, dan MRI (22) warga Plumbon Mojolaban Sukoharjo. Mereka bertiga dari hasil pemeriksaan adalah pemakai.

Sabu berdasarkan pengakuan tersangka HFD yang ditangkap pada 12 Nopember lalu di Gedangan, Grogol, Sukoharjo disusul penangkapan terhadap MRI dan ISM, diperoleh dari seorang warga binaan Lapas kelas II Klaten.

Sementara tiga tersangka lagi adalah, ME (31) warga Susukan Semarang, AND (31) warga Candisari Kota Semarang, dan NDU (33) warga Cebukan Sonorejo Sukoharjo. Untuk AND, selain terjerat kasus narkoba di Sukoharjo, dia juga menjadi tersangka di wilayah hukum Polres Sleman DIY.

"Di Sleman, dia terjerat kasus menjual obat untuk menggugurkan kandungan, tapi itu sebenarnya obat maag. AND ini mengaku dulunya pernah jadi sales obat tapi di Semarang sana,' kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas saat rilis ungkap kasus di Mapoltres setempat, Jum'at (22/11/2019).

Kepada hariankota.com, Kapolres mengatakan, ME dan AND ditangkap usai melakukan transaksi narkoba pada 24 Oktober lalu di daerah Wirogunan Kartasura. Dari penggledahan, didapati barang bukti berupa satu bungkus rokok didalamnya berisi sabu dan ganja kering siap edar.

"Sedangkan untuk seorang tersangka lagi berinisial NDU (33) warga Cebukan, Sonorejo, Sukoharjo. Dia ini pengguna sabu yang sudah lama menjadi target kami. Akhirnya dapat ditangkap pada 15 Nopember kemarin di jalan Telukan, Parangjoro, Grogol," ungkap Kapolres.

Selain barang bukti sabu dan ganja, dari tangan para tersangka yang ditangkap ditempat berbeda - beda ini, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti lain seperti, 3 unit sepeda motor, 4 unit handphone, serta seperangkat alat hisap sabu.

Berdasarkan fakta - fakta tersebut, para tersangka disangka telah melanggar primair pasal 114 ayat (1) dan/atau pasal 111 ayat (1)dan /atau pasal 112 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya minimal 4 tahun maksimal 20 tahun.

"Penangkapan ini merupakan komitmen kami untuk terus memerangi peredaran narkoba. Jadi kami tidak usah ungkap lagi, tapi kami perangi dengan mengajak serta masyarakat untuk bersama - sama. Sekecil apapun perannya, ayo kita perang lawan narkoba," tandas Kapolres.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :