Rekomendasi

Festival Kuliner Tandai Peringatan Hari Pangan se-Dunia ke-39

Kamis, 14 November 2019 : 22.48
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Puluhan stand kuliner memenuhi separo alun - alun Satya Negara Sukoharjo dalam Festival Kuliner memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39.

Kegiatan dibuka Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, didampingi istri, Etik Suryani, Kamis (14/11/2019), sekaligus dimaksudkan sebagai ajang promosi kuliner asli daerah.

Diantara kuliner khas daerah yaitu, legondo berbahan campuran beras ketan dan parutan kelapa dibungkus janur kuning, nasi tiwul berbahan singkong parut yang sudah dikeringakan, dan sayur botok berbahan parutan kelapa dicampur isi daun melanding dan cabe.

Masing - masing jenis kuliner tersebut, saat ini masih dapat dijumpai meskipun jumlah penjualnya tidak sebanyak seperti kuliner kekinian semisal, bakso atau mie ayam.

Informasi yang didapat hariankota.com, Festival Kuliner akan berlangsung selama lima hari, 14-18 November dengan disertai beragam acara pendukung lainnya.

Selain festival kuliner, kegiatan yang diinisiasi Dinas Pangan Sukoharjo ini, pada saat pembukaan juga digelar kampanye gemar makan ikan (Gemarikan) bertempat di gedung Pusat Promosi Potensi Daerah Graha Wijaja yang lokasinya tak jauh dari alun - alun.

"Dalam mengkampanyekan Gemarikan, Pemkab melibatkan anak sekolah dan masyarakat dengan membagikan makanan menu ikan pada siswa sekolah," kata Bupati.

Tujuannya, menurut Bupati, untuk mengenalkan sejak dini pada anak agar terbiasa mengkonsumsi ikan dalam menu makanannya. Ikan dapat dikonsumsi setiap hari sebagai bagian dalam pemenuhan gizi keluarga.

Plt Kepala Dinas Pangan Sukoharjo, Netty Harjianti menambahkan, ikan yang dibagikan pada anak usia sekolah diberikan dalam berbagai menu.

"Ini dimaksudkan agar anak gemar makan ikan sebagai sumber vitamin dan protein. Menu makanan sehat yang diberikan diharapkan dapat membuat anak memiliki daya tahan tubuh kuat," pungkasnya.

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :