Rekomendasi

Gaduh Wacana Larangan ASN Bercelana Cingkrang, Pemkab Sukoharjo Tunggu Petunjuk

Jumat, 01 November 2019 : 12.44
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Wacana larangan Aparat Sipil Negara (ASN) bercelana cingkrang yang dilontarkan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi telah memicu kegaduhan berbagai lapisan masyarakat.

Meski wacana itu belum disebutkan terperinci, namun sangat mungkin larangan celana cingkrang akan diberlakukan kepada seluruh ASN, terlebih dilingkungan Kemenag sendiri.

Menanggapi wacana tersebut,Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukoharjo, Agus Santosa, saat ditemui hariankota.com di kantornya, Jum'at (1/11/2019) mengatakan, tentang pakaian dinas, selama ini ASN sudah ada peraturannya sendiri.

"Ketentuan tentang pakaian dinas di jajaran pemerintah daerah itu (sudah) diatur dalam Permendagri. Mulai dari penggunaan topi, termasuk bentuk, warna, dan pakaian sudah ditetapkan," terang Agus.

Pada prinsipnya Pemkab Sukoharjo dikatakan Agus, tentang wacana pelarangan celana cikrang bagi ASN, akan menungu kebijakan lebih lanjut dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Ya kalau tidak dari Mendagri, mungkin ada (kebijakan) hasil koordinasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). Jadi prinsipnya, kami menunggu ketentuannya saja," jelasnya.

Menurut Agus, pada dasarnya pemahaman tentang pakaian dinas ASN itu prinsipnya sederhana yakni, mudah untuk dikenakan, tidak menggangu pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Namun begitu, bagi hal yang lain tentang bentuk atau ukuran, ya kami akan mengikuti saja," imbuhnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :