Rekomendasi

Ingin Fokus jadi Politikus untuk Membangun Solo, Gibran Wariskan Bisnis ke Kaesang

Minggu, 24 November 2019 : 17.39
Published by Hariankota
SOLO - Gibran Rakabuming Raka, pengusaha kuliner sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyatakan diri untuk lebih fokus terjun ke dunia politik.

Menurut suami dari Selvi Ananda itu, keseriusannya untuk fokus terjun ke dunia politik ia buktikan dengan masuk ke partai besutan Megawati Sukarnoputri, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Gibran pun tidak menampik jika antara bisnis dan politik, baginya adalah hal yang sama penting.

"Dua-duanya penting kalau mau masuk politik butuh dana kampanye yang enggak sedikit, sebelumnya harus nabung dulu melalui bisnis," kata Gibran, di sela kehadirannya pada sebuah acara diskusi, Sabtu (23/11/2019), di Kampus Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo.

Memiliki bisnis, bagi Gibran dapat membantu banyak orang.

"Dari dulu saya berpikir ketika berbisnis punya banyak karyawan kita bisa membantu orang banyak, menyisihkan dana untuk CSR bisa menyentuh banyak orang, 10 tahun saya berpikir seperti itu," katanya.

Namun saat ini, dengan terjun ke dunia politik menurutnya justru menyentuh lebih banyak orang dibanding menjadi seorang pengusaha.

"Lama kelamaan saya dapat teguran, kalau jadi orang bisnis yang disentuh puluhan ribu kalau masuk politik kamu bisa menyentuh 600 ribu orang di Solo," sambungnya.

Dengan keputusan yang dipilihnya, maka Bos Markobar itu pun menyampaikan, jika kini dia telah mewariskan bisnisnya kepada sang adik, Kaesang Pangarep.

"Saya pilih dua-duanya. Tapi tahun depan saya transisi fokus ke politik. Saya sudah mewariskan (bisnis) ke adik saya. Sekalian menawarkan diri untuk membantu Kota Solo. Setelah puas di Jakarta dan puas dengan duitnya, saatnya kembali ke Solo untuk berkontribusi membangun Solo," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, ayah dari Jan Ethes dan La Lembah Manah itu pun telah menegaskan jika dirinya akan tetap maju melalui PDIP pada Pilkada Solo 2020 nanti.

Karenanya, Gibran pun menyatakan akan tetap menunggu hasil rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, untuk mendartarkan diri melalui DPD PDIP Jawa Tengah, jika pendaftaran telah dibuka.

Jurnalis: Kacuk Legowo

Editor: Mahardika

Share this Article :