Rekomendasi

Kampung Muslim Kepaon Peringati Maulid Nabi dengan Gelar Acara Khitanan

Sabtu, 09 November 2019 : 15.59
Published by Hariankota
DENPASAR - Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M, Kampung Muslim Kepaon, Denpasar, menggelar acara pawai telor.

Mengambil start di Jalan Tukad Taman Pancing, tepatnya sebelah timur Tukad Taman Pancing mereka berjalan menuju ke Masjid Besar Al-Muhajirin Kampung Islam Kepaon. Sejauh kurang lebih 1.5 km.

Sebanyak delapan kuda berjalan beriringan di bagian belakang peserta pawai, di mana satu kuda dinaiki oleh satu hingga tiga orang anak. Mereka adalah para merupakan peserta khitanan.

Ketua Panitia peringatan Maulid Nabi, Sabilurrahman menyebut anak-anak peserta khitanan ada 28 orang. Mereka tidak dipungut biaya sepeserpun.

"Mereka diarak (pawai) dengan naik kuda agar senang dan bangga, sekali seumur hidupnya hidupnya mereka bisa naik kuda saat pawai," jelasnya, Sabtu (9/11).

Mereka juga terlihat membawa hiasan telur yang diusung beramai-ramai, atapun dibawa sendiri-sendiri. Setibanya di halaman masjid telur diletakkan di dalam masjid.

Sedangkan telur yang dibawa masing-masing peserta selanjutnya ditusukkan pada sebuah batang pisang yang telah disediakan di dalam masjid.

Selain itu rangkaian acara puncak peringatan Maulid juga dilaksanakan pembacaan shalawat, bakti sosial dengan donor darah, serta pertunjukan kesenian.

Kesenian yang dipentaskan dalam acara ini meliputi pentas rodat yang dibawakan oleh pemain senior dan junior, marching band, hingga pencak silat.

Ia berharap dari pelaksanaan peringatan Maulid tahun ini akan mendorong generasi muda untuk mencintai kebudayaan, bangsa dan negara. "Sebelum acara puncak ini kami juga melakukan berbagai perlombaan yang salah satunya yakni lomba azan," paparnya.

Jurnalis : Dek

Editor : Mahardika

Share this Article :