Rekomendasi

Kasus Limbah PT RUM, DPRD Sukoharjo Sambut Baik Rencana Gubernur Jateng Fasilitasi Mediasi

Jumat, 29 November 2019 : 22.30
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Kabar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bakal turun tangan memfasilitasi pertemuan mediasi mencari solusi penyelesaian meluasnya bau limbah PT Rayon Utama Makmur (RUM) hingga ke Wonogiri disambut baik DPRD Sukoharjo.

Informasi yang didapat hariankota.com, pertemuan mediasi antara warga terdampak dengan manajemen pabrik yang berada di Desa Plesan, Nguter dan pemerintah terkait, dijanjikan bakal digelar dalam waktu sepekan ini.

Menanggapi rencana tersebut, DPRD Sukoharjo, meski secara resmi belum mendapat pemberitahuan, namun dengan hadirnya Gubernur Jateng dalam mediasi diharapkan persoalan bau limbah tidak berlarut - larut penyelesaiannya.

"Kami akan berkomunikasi dengan Pemkab Sukoharjo untuk mengambil langkah terbaik. Cuma apakah kami akan ikut (mediasi) atau tidak, kami nunggu dari Pak Ganjar, karena beliau yang lebih dulu punya inisiatif," kata Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi kepada hariankota.com, Jum'at (29/11/2019).

Selama ini, menurut Wawan, upaya penyelesaian bau limbah melalui pertemuan sudah berulangkali dilakukan oleh dewan dengan menghadirkan manajemen pabrik, Pemkab Sukoharjo dan perwakilan warga terdampak.

"Terakhir pada 21 Oktober lalu kami undang lagi (manajemen pabrik). Waktu itu kami minta segera ada pembenahan. Kalau belum bisa, melalui suratnya Pak Sekda sudah meminta supaya dihentikan dulu operasionalnya," ucap Wawan.

Terpisah, Sekda Sukoharjo, Agus Santosa mendukung langkah yang akan dilakukan Gubernur Jateng. Namun, sama halnya dengan Ketua DPRD Sukoharjo, hingga kini ia juga belum mendapat pemberitahuan tentang kapan mediasi akan digelar.

"Ya kalau memang Pak Gubernur akan turun, tentu kami malah berterima kasih. Kami menyambut baik itu," tandas Sekda.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :