Rekomendasi

Kaum Milenial Diminta Manfaatkan Teknologi untuk Kebaikan

Jumat, 15 November 2019 : 18.08
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Kaum milenial mendominasi dalam penggunaan internet di tanah air. Ada lebih dari 80 persen dari 171 juta pengguna aktif memanfaatkannya.

Sebagian besar pengguna lebih dominan untuk berselancar dalam media sosial. Mereka perlu dibekali literasi digital agar penggunaan internel lebih pada hal positif atau produktif.

"Literasi digital itu penting, bukan hanya menyangkut aspek manusianya saja, tapi juga data dan teknologi, termasuk dalam mencegah kejahatan digital," kata Tenaga Ahli Redesain USO Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gun Gun Siswadi, Jum'at (15/11/2019).

Kejahatan digital yang disasar adalah pengguna teknologi digital atau intenet. Untuk itu, masyarakat pengguna internet harus diberdayakan agar tidak terjebak pada tindakan yang merugikannya.

"Teknologi digital harus memberi manfaat, misal untuk pemasaran produk-produk UMKM, ataupun bisa sebagai alat dalam silaturahmi hingga mencari informasi positif lainnya," katanya.

Pemerintah melalui Kemkominfi terus mendorong masyarakat agar mengetahui dan menggunakan teknologi digital dalam menunjang rutinitas yang dijalani. Memanfaatkan teknologi digital sudah menjadi kebutuhan di masyarakat.

"Teknologi digital mendisrupsi kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat. Penggunaan smatphone pintar juga sudah menciptalan budaya atau gaya hidup baru," katanya.

Saat ini, orang tidak bisa lepas dari handphone. Tak sedikit orang akan sangat gundah jika kehilangan atau hanya sekedar ketinggalan smatphone pintar tersebut.

"Ya karena semua bisa dikendalikan dengan peralatan handphone itu. Ini bukti kita sangat tergantung teknologi, tapi jangan kita dikendalikan oleh teknologi," jelasnya.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mendorong pada pemerintah agar terus mengedukasi masyarakat dalam penggunaan teknologi digital. Khususnya, untuk kegiatan positif yang bisa memberi kesejahteran bagi pengguna internet itu.

"Kami berharap produk-produk UMKM kita bisa dipasarkan tingkat global, ini perlu dorongan dari pemerintah dalam mendapat kemudahan akses internet," katanya.

Politisi PKS ini mengaku masih ada beberapa wilayah yang belum terjangkau internet. Meski demikian, Sukamta berharap agar semua wilayah di negeri ini bisa menikmati internet dengan mudah.

Ia juga mengapresiasi langkah nyata Kementerian Kominfo dalam membina ribuan UMKM, khususnya dalam pemasaran dengan teknologi digital. Imbasnya, omset penjualan meningkat cukup signifikan.

Jurnalis: Danang Prabowo
Editor: Rahayu

Share this Article :