Rekomendasi

Kesiapan Tanggap Bencana Jelang Musim Penghujan, BPBD Kota Solo Siapkan Ketersediaan Logistik

Rabu, 13 November 2019 : 20.55
Published by Hariankota
Solo — Memasuki musim penghujan yang diprediksi akan tiba pada puncaknya sekitar awal tahun depan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Solo, saat ini tengah memastikan ketersediaan logistik.

Hal itu mengingat, pada masa musim penghujan segala kemungkinan adanya bencana alam bisa pula terjadi. Ketersediaan stok logistik itu, nantinya direncanakan akan didistribusikan ke daerah rawan bencana jika setiap waktu diperlukan.

“Puncak musim penghujan diprediksi terjadi pada sekitar Januari atau Februari nanti. Pada November-Desember ini, masih akan diwarnai fenomena hujan lebat dan angin kencang,” terang Kepala BPBD Kota Solo, Eko Prajudhy Noor Aly kepada wartawan, Rabu (13/11/2019).

Eko Prajudhy menambahkan, pihaknya pun telah menghimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan akan bencana yang sewaktu - waktu bisa terjadi. Seperti halnya hujan deras disertai angin kencang yang mengakibatkan sepuluh pohon tumbang di sembilan lokasi.

Kejadian tumbangnya sejumlah tersebut salah satunya, ungkap Eko Prajudhy, menimpa sebuah mobil milik warga di kawasan Kelurahan Nonongan, pada Selasa (12/11/2019) sore kemarin.

“Warga pun sudah kami himbau. Agar terus meningkatkan kewaspadaan, untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan," tandasnya. Lebih lanjut, Kepala BPBD Kota Solo itu mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang ada.

“Kami mulai menyiapkan berbagai perlengkapan penanganan bencana mulai dari tenda, perahu, peralatan dapur umum dan alat pemotong pohon,” urainya.

Hingga saat ini, pihak BPBD Kota Solo pun tengah berkoordinasi serta mengkoordinir segenap relawan yang ada di wilayah Solo Raya. Dengan komunikasi yang terarah, diharapkan dapat mencegah jatuhnya korban jiwa.

Jurnalis : Kacuk Legowo
Editor : Mahardika

Share this Article :