Rekomendasi

Maskot Pilkada Sukoharjo 2020 Bernama Si Gasi, Ini Penjelasannya

Jumat, 08 November 2019 : 13.08
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Memasuki tahapan Pilkada serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo segera melaunching maskot dan jingle yang akan digunakan sebagai sarana sosialisasi kepada masysarakat.

Setelah melalui serangkaian seleksi ketat dewan juri, maskot dan jingle yang digunakan telah ditetapkan merupakan pemenang sayembara yang digelar beberapa waktu lalu.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda saat ditemui hariankota.com usai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Adendum anggaran Pilkada diruang rapat Sekda Sukoharjo, Jum'at (8/11/2019) mengatakan, maskot dan jingle bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Alhamdulillah dari sayembara itu, kami sudah memilih satu maskot dan satu jingle yang akan digunakan dalam Pilkada. Dan SK (Surat Keputusan) sudah kami tetapkan, tinggal nanti launching saja," terangngya.

Sekilas digambarkan Nuril, maskot yang dipilih diberi nama 'Si Gasi' kepanjangan Si Gamelan Demokrasi. Dipilihnya gamelan lantaran sarat makna budaya kearifan lokal.

"Jadi Sukoharjo ini kan terkenal sebagai penghasil (home industri) gamelan, atau kabupaten gamelan. Dimana gamelan ini punya irama yang selaras, sehingga kami berharap bahwa masyarakat bisa selaras meski ada perbedaan pilihan dalam Pilkada," paparnya.

Selaras yang dimaksudkan melalui maskot tersebut dikatakan Nuril digambarkan melalui salah satu instrumen gamelan yaitu, Bonang. Bonang Berfungsi sebagai pembawa melodi pokok yang merupakan induk atau pemersatu dari semua alat musik lainnya.

"Insya Allah, akhir November ini maskot dan jingle itu akan kami launching," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More