Rekomendasi

NIK Belum Terkoneksi Jelang Seleksi CPNS Sejumlah Peserta Bingung

Senin, 18 November 2019 : 21.05
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sejumlah warga Karanganyar yang akan mengikuti proses seleksi calon pegawa negeri sipil (CPNS), sempat kelimpungan. Pasalnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK), belum terkoneksi dengan database yang ada di pemerintah pusat.

Seperti yang dialami oleh Mitha, salah satu calon peserta seleksi yang berasal dari Kecamatan Jaten ini. Menurut penuturannya, saat akan membuat akun, ternyata NIK miliknya belum terkoneksi dan harus di update ke Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar.

“Saat akan membuat akun, NIK milik saya tidak bisa konek. Akhirnya saya mendatangi Disdukcapil. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa,” ujarnya kepada hariankota.com, Senin (18/11/2019).

Ketika dikonfirmasi hariankota.com, kepala Disdukcapil Karanganyar, Suprapto, menjelaskan, salah satu faktor peneyebab tidak terkoneksinya NIK dengan data base, karena terjadi perubahan data kependudukan. Perubahan data tersebut, menurut Suprapto, harus dilaporkan ke pusat.

“NIK tidak konek dengan data base, karena terjadi perubahan data. Perubahan data tersebt harus kita laporkan ke pusat dan harus di update,” jelas Suprapto.

Suprapto meminta kepada seluruh calon peserta seleksi CPNS, jika menegalami kesuitan saat mendaftar, segera menghubungi petugas Disdukcapil.

“Jika mengalami kesulitan dan belum bisa terkoneksi, kami minta agar seleuruh masyarakat Karanganyar segera menghubungi petugas kami di Disdukcapil. Kami siap membantu,” tandasnya.

Terpisah, Kepala BKPSDM, Karanganyar, Siswanto, menjelaskan, saat ini, proses seleksi CPNS memasuki tahap pendafataran yang akan berakhir hingga 25 November 2019.

“Proses seleksi CPNS, memamsuki tahap pendaftaran. Selanjutnya, proses seleksi administrasi. Sedangkan untuk pelaksanaan seleksi, direncanakan pada bulan Februari tahun 2020 mendatang. Dalam pelaksanannnya, kita melakukan secara mandiri,” kata Siswanto, Senin (18/11/2019).

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :