Rekomendasi

Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Lewat Medsos, Warga Depok Diciduk Polisi

Rabu, 20 November 2019 : 13.26
Published by Hariankota
PURBALINGGA – Kasus penipuan berkedok lowongan pekerjaan melalui media sosial, berhasil diungkap Satreskrim Polres Purbalingga. Pelaku saat imi sudah diamankan berikut barang buktinya.

Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Sigit Ari Wibowo dalam konferensi pers di mapolres setempat menyebut pelaku adalah MEFS (36) warga Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

"Modusnya menawarkan lowongan kerja dengan akun facebook bernama Japra Raja yang diunggah pada bulan Oktober – November 2019," paparnya.

Kepada yang berminat, pelaku kemudian memberikan nomor telepon untuk komunikasi lebih lanjut. Dimana pelaku menjanjikan bisa membantu untuk proses masuk ke perusahaan dimaksud.

"Namun dengan syarat harus membayar biaya sebesar Rp 1,5 juta," lanjutnya.

Sebanyak 3 orang menjadi korban penipuan, dimana masing-masing korban sudah menyerahkan uang pada tersangka dengan nominal yang berbeda. Mulai dari Rp 500 ribu ada dua orang dan Rp. 1,5 juta satu orang.

"Akibat kerugian tersebut korban kemudian melapor ke Polres Purbalingga,” imbuhnya.

Atas dasar pelaporan dari para korban, Satreskrim Polres Purbalingga turun dan melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya diketahui identitas tersangka yang selanjutnya diamankan petugas di salah satu hotel daerah Bandungan, Semarang.

"Pelaku ternyata seorang residivis, pernah masuk penjara karena dua kasus kejahatan yaitu penipuan di Kabupaten Semarang serta pencurian di Kabupaten Magelang," lanjutnya.

Petugas juga mengamankan barang bukti, satu ponsel merk Xiaomi, kartu Telkomsel, kartu Indosat, sejumlah buku tabungan dan kartu ATM. Selain itu, bukti transfer dari para korban ke rekening tersangka serta berkas lamaran pekerjaan yang dikirimkan korban.

"Pelaku akan dikenakan pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal empat tahun," pungkasnya. (Aan)

Foto/sumber : Humas

Share this Article :