Rekomendasi

Permudah Layanan Kedaruratan, Pemkab Sukoharjo Luncurkan PSC 119 Makmur

Selasa, 12 November 2019 : 15.52
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Layanan transportasi emergency medis yang bisa diakses melalui telepon rumah maupun telepon selular, kini bisa dinikmati warga Kabupaten Sukoharjo. Masyarakat bisa langsung melaporkan kejadian darurat medis melalui telepon ke 119.

Sistem penanggulangan kegawatdaruratan terpadu atau Publik Safety Centre (PSC) 119 'Makmur' Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, resmi diluncurkan Bupati Wardoyo Wijaya tepat di Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Selasa (12/11/2019).

"Tujuan dibentuknya PSC 119 Makmur untuk mengurangi angka kematian dan kecacatan di Sukoharjo. Kantornya di DKK Sukoharjo dengan wilayah kerja tahap awal yaitu, melayani masyarakat di 12 Kecamatan," terang Bupati.

PSC 119 Makmur dibantu fasilitas kesehatan berupa rumah sakit, puskesmas, klinik dan PMI. Jika ada kejadian kegawatdaruratan berupa kecelakaan di jalan, gagal nafas ataupun kegawatdaruratan lainnya bisa menghubungi telpon 081222222729 atau (0271) 59992119.

Mengutip sambutan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, Bupati menyampaikan, peringatan HKN tahun ini ada dua isu utama kesehatan yang dibahas dan mendesak dituntaskan demi pembangunan SDM berkualitas.

Yakni, soal stunting dan jaminan kesehatan nasional.

"Pembangunan SDM telah diraih ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia Indonesia setiap tahun. Itu bisa diukur dari meningkatnya usia harapan hidup," kata Bupati.

Bukti meningkatnya indeks tersebut kata Bupati, menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dan menurunnya angka TB.

"Melalui momentum HKN, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa," imbaunya.

Pantauan hariankota.com, sebagai tanda PSC 119 Makmur resmi beroperasi, Bupati didampingi Kepala DKK Sukoharjo Yunia Wahdiyati, usai upacara HKN memasangkan rompi, pasang stiker PSC 119 Makmur dan menghidupkan sirine.

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :