Rekomendasi

PPPPTK Matematika Canangkan Gerakan AjarMat Nasional

Selasa, 26 November 2019 : 19.05
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Gerakan Ayo Belajar Matematika (AjarMat) merupakan program yang dimiliki Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

AjarMat ini dicetuskan sebagai salah satu terobosan dalam upaya membangun ekosistem pendidikan, khususnya bidang matematika guna mengatasi stagnasi dan keterlambatan peningkatan prestasi belajar matematika saat ini.

"Stigma belajar matematika yang menakutkan itu kita hilangkan, kita ingin bangun belajar matematika yang menyenangkan dan mudah dipelajari, ada dalam kehidupan sehari-hari," kata Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A dalam keterangan pers, Selasa (26/11/2019).

Sasaran gerakan AjarMat ini orang tua siswa, khususnya yang memiliki putra-putri yang masih duduk dibangku SD kelas 1 dan 2. Gerakan ini juga menyasar pada kelompok masyarakat secara umum.

"Intinya mendorong, mengajak orang tua atau masyarakat agar ikut serta membangun iklim pendampingan yang saling asih, asah, dan asuh dalam pembelajaran matematika dengan suasana yang kreatif, inovatif, instiratif dan menyenangkan," katanya.

Pihaknya memanfaatkan alumni dan relawan yang dimiliki sebagai motor penggerak program agar sampai ke orang tua dan masyarakat.

Gerakan AjarMat ini sudah dilakukan terbatas di Kabupaten Sleman dan Kota Yogya pada Juli 2019 lalu dengan hasil positif, sebanyak 54,55% responden menyatakan sangat bermanfaat, kemudian 43,32% mengaku bermanfaat bagi orang tua.

"Secara umum, responden menyatakan aktifitas AjarMat menarik, bahan yang digunakan mudah didapat, kader AjarMat memiliki komitmen yang baik, serta menambah wawasan dan membantu bagi pendampingan anak dalam belajar Matematika," katanya.

PPPPTK Matematika akan melakukan gerakan AjatMat ini sebagai gerakan nasional di tujuh titik sebagai rintisan. Ketujuh titik itu mulai dari Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Jakarta Timur, Kota Bogor, Kota Pontianak, Kota Makassar, Kota Denpasar dan Kab Sumba Tengah.

Rencananya, pencanangan AjarMat sebagai gerakan nasional ini akan dibuka secara resmi oleh Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbud, Dr. Supriano didampingi Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Daswatia Astuty pada Rabu, 27 November 2019.

Secara serempak ditujuh lokasi dilakukan dengan video conference dari PPPPTK Matematika Yogyakarta.

Jurnalis: Danang Prabowo
Editor: Rahayuwati

Share this Article :