Rekomendasi

Puluhan Rumah dan Tiang Listrik Roboh Disapu Puting Beliung

Minggu, 17 November 2019 : 14.39
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Cuaca ekstrem, hujan disertai angin puting beliung mengakibatkan puluhan rumah warga di Kabupaten Sukoharjo yang berada di empat kecamatan, serta sejumlah tiang listrik roboh rusak parah.

Informasi yang didapat hariankota.com, Minggu (17/11/2019), masing-masing Kecamatan tersebut, Baki, Gatak, Sukoharjo, dan Grogol. Bahkan di Desa Kudu, Kecamatan Baki ada salah satu rumah warga kondisi rata dengan tanah.

"Selain rumah dan tiang listrik, kejadian pada Sabtu (16/11/2019) sore kemarin juga menyebabkan banyak pohon di pinggir jalan bertumbangan," terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam musibah ini. Menurut Sri, pihaknya masih melakukan pendataan dilapangan untuk mengetahui jumlah total kerusakan di empat kecamatan tersebut.

Terpisah, Manajer UP3 PLN Sukoharjo, La Ode Lawati menyampaikan, total tiang listrik yang roboh dan harus diganti baru ada 33 tiang. Sejumlah wilayah masih belum dapat teraliri listrik menunggu proses perbaikan.

"Tiang listrik yang roboh di Kecamatan Baki, Sukoharjo, dan juga Grogol. Proses perbaikan diperkirakan memakan waktu lama karena kami harus menyiapkan material pengganti," terangnya.

Untuk Kecamatan Baki, sebut La ode, 13 tiang roboh di sepanjang jalan yang berada ditengah area persawahan. Kemudian, 19 tiang roboh di Bulakrejo, Sukoharjo, dan 1 tiang di Parangjoro, Grogol.

"Proses perbaikan langsung dilakukan sejak semalam di sejumlah titik yang mengalami kerusakan. Selama perbaikan, listrik otomatis padam," katanya.

Upaya perbaikan tiang saat ini oleh La Ode dijelaskan, telah ditangani 11 tim dan 3 vendor. Mereka dikerahkan agar warga bisa segera mendapat aliran listrik.

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :