Rekomendasi

Rekrutmen Panwascam Pilkada 2020 Gunakan Sistem CAT Socrative, Begini Penjelasannya

Kamis, 28 November 2019 : 17.30
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo tengah melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Rekrutmen digelar serentak dengan daerah lain yang juga akan menggelar Pilkada 2020 mendatang.

Pendaftaran dan penerimaan berkas persyaratan administrasi calon anggota Panwascam dilaksanakan selama sepekan, mulai 27 November hingga 3 Desember 2019. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 12 Desember 2019.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Hukum Data dan Informasi, Muladi Wibowo mengatakan, dalam tes tertulis rekrutmen Panwascam kali ini, pihaknya menerapkan sistem Computer Assisted Test (CAT) Socrative.

"Dengan sistem ini hasil tes bisa langsung diketahui. Mereka yang lolos, nanti akan dilantik sebagai Panwascam pada 22-23 Desember 2019," katanya kepada hariankota.com, Kamis (28/11/2019).

Bagi yang lolos tahap administrasi, akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni, tes tertulis (disiapkan Bawaslu RI) dan tes wawancara oleh Komisioner Bawaslu Sukoharjo. Pelaksanaannya secara serentak pada 13 - 17 Desember 2019.

Muladi menjelaskan, di Pilkada 2020 ini, Bawaslu Sukoharjo akan merekrut sebanyak 36 Panwascam. Setelah dilantik mereka akan ditugaskan di 12 kecamatan yang ada di Sukoharjo.

"Setiap kecamatan akan ditugaskan 3 orang Panwascam. Mereka akan bekerja penuh waktu, sehingga harus siap dalam situasi apapun sesuai tupoksinya," terang Muladi.

Hingga hari kedua pendaftaran, tercatat sudah ada 35 orang pelamar, dimana 34 datang sendiri ke kantor Bawaslu Sukoharjo, sedangkan 1 pelamar lainnya mengirim berkas via pos.

"Dari hasil pemeriksaan, yang berkasnya sudah lengkap ada 28 pendaftar. Untuk pendaftar terbanyak dari Kecamatan Nguter,ada 7 orang. Sementara 4 kecamatam yakni, Baki, Mojolaban, Pololarto dan Bulu, belum ada yang mendaftar," tutup Muladi.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :