Rekomendasi

Seru, 15 Dalang Cilik Meriahkan Peringatan Hari Wayang Nasional di Sukoharjo

Kamis, 07 November 2019 : 18.34
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Kirab wayang dan pentas dalang cilik mewarnai gelar peringatan Hari Wayang Nasional di Kabupaten Sukoharjo yang dipusatkan di alun - alun Satya Negara, Kamis (7/11/2019).

Informasi yang didapat hariankota.com, acara berlangsung sehari penuh diantaranya menampilkan sebanyak 15 dalang cilik. Mereka bergiliran unjuk kepiawaian dalam olah gerakan memainkan wayang serta berolah kata dalam bahasa Jawa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno menyampaikan, selain kirab dan pentas dalang cilik, pada puncak acara malam harinya juga akan ada pentas wayang kolaborasi.

"Kegiatan ini sangat positif sebagai upaya menjaga dan melestarikan budaya bangsa. Selama ini kami sangat peduli dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat pelestarian budaya," katanya.

Dalam pentas dalang cilik, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Sukoharjo, Ki Sukasdi menjelaskan, tiap anak yang tampil diberi waktu 25 menit mementaskan lakon masing-masing.

"Diantara 15 dalang cilik ini, juga ada satu dalang cilik perempuan yang ikut tampil. Pentas dalang cilik secara umum bertujuan melestarikan budaya bangsa sekaligus melestarikan profesi dalang agar tidak punah," tandasnya.

Diketahui, selain Sukoharjo, peringatan Hari Wayang Nasional juga digelar di 21 Kabupaten/ Kota lainnya di Jawa Tengah. Rencananya, secara serentak masing masing daerah menggelar pertunjukan wayang.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Rahayuwati

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More