Rekomendasi

Teror Serangan Tawon Vespa, Damkar Sukoharjo Gencarkan OTT

Rabu, 27 November 2019 : 19.03
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Sukoharjo gencar melakukan evakuasi sarang tawon atau disebut operasi tangkap tawon (OTT).

Langkah ini dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban, terutama akibat sengatan tawon jenis Vespa Affinis yang membahayakan manusia.

"Dari awal tahun 2019 sampai sekarang terdata sudah ada 400 titik lokasi 'OTT'," ungkap Komandan Damkar Sukoharjo, Margono, saat ditemui hariankota.com, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, jika ditotal, jumlah OTT itu mungkin bisa bertambah karena ada bantuan dari relawan yang tergabung di SAR. OTT oleh Damkar Sukoharjo sudah dilakukan sejak 2 tahun terakhir,atau dari tahun 2017.

"Tahun ini saja, rata - rata setiap hari ada 2-3 laporan dari masyarakat mengenai adanya sarang tawon. Jenisnya tidak hanya tawon vespa saja, ada juga jenis tawon madu," katanya.

Insiden akibat sengatan tawon Vespa affinis atau yang kerap dikenal dengan tawon endas (Jawa-Red) kembali terjadi. Bahkan disejumlah daerah telah memakan korban jiwa akibat sengatan tawon endas tersebut.

"Alhamdulillah untuk tahun ini di Sukoharjo belum ada laporan korban jiwa terkait serangan tawon. Ya kami tentu berharap tidak ada," ujarnya

Ditambahkan Kasiops Damkar Sukoharjo, Maryanto, sosialisasi melalui berbagai forum pertemuan warga sudah dilakukan merata di 12 kecamatan. Warga diminta melapor jika ada yang mengetahui sarang tawon vespa.

"Kalau kami kan menunggu. Manakala ada masyarakat minta bantuan untuk mengevakuasi, kami tentu siap membantu untuk mengeksekusi sarang tawon itu," pungkasnya.

Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :