Rekomendasi

Antisipasi Banjir, Polisi Terjun ke Sungai Gabahan Bersihkan Sampah

Sabtu, 14 Desember 2019 : 15.37
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Mengantisipasi datangnya musim penghujan, Kepolisian resor (Polres) Karanganyar melakukan bersih-bersih sungai Gabahan yang berada di perbatasan antara Desa Ngijo dan Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Sabtu (14/12/2019).

Aksi bersih sungai tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko ancaman bencana banjir. Pasalnya, sungai Gabahan ini, merupakan salah satu sungai yang sering meluap saat musim penghujan dan menggenangi pemukiman warga sekitar.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, kepada hariankota.com serta awak media lain, usai melakukan aksi bersih sungai mengatakan aksi pembersihan sungai tersebut dilakukan dengan sejumlah instansi, dianataranya BPBD, Satpol PP serta masyarakat sekitar, secara bergotong-royong mengangkut sampah dari dasar sungai.

Menurut Kapolres, selain sungai Gabahan, daerah lain yang menjadi perhatian menghadapi musim penghujan ini adalah Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, serta sejumlah desa yang ada di kecamatan Kebakramat.

“Bersih-bersih sungai ini, merupakan langkah awal untuk menggerakkan masyarakat agar perduli terhadap lingkungan, kondisi sungai maupun saluran air yang berada disekitar mereka. Kalau semua ikut bergerak, saya yakin, potensi banjir dapat diminimalisir,” kata Kapolres, Sabtu (14/12/2019).

Dijelaskan Kapolres, membersihkan sungai dari sampah, sangat penting. Pasalnya, menurut Kapolres, sampah yang menumpuk, menyebakan aliran sungai menjadi terhambat.

“Tadi kita lihat, sampah begitu banyak dan menumpuk. Ini sangat rawan jika memasuki musim penghujan. Aliran sungai menjadi terhambat,” ujarnya.

Ditambahkan Kapolres, memasuki musim penghujan ini, pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan sarana dan prasarana penunjang, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, seperti banjir dan tanah longsor.

“Kita juga memiliki tim penanggulangan bencana. Sarana dan prasaran penunjang di Satuan Sabhara untuk proses penanganan saat terjadi bencana banjir, mulai perahu dan peralatan evakuasi lainnya, sudah kita persiapkan.

Kita juga telah berkoordinasi dengan BPBD dan SAR untuk mengambil tindakan secara bersama-sama jika terjadi musibah bencana,” tandasnya.

Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, saat memasuki musim penghujan, terutama bagi warga yang bertempat tinggal di perbukitan dan tebing yang rawan longsor.

"Masyarakat harus meningatkan kewaspadaan, serta mengetahui langkah apam yang harus dilakukan untuk pencegahan dan apa yang harus dilakukan pada saat terjadi becana,” pungkasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :