Rekomendasi

Blusukan ke Pasar Tradisional, Mendag Tinjau Harga Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru di Solo Relatif Stabil

Jumat, 06 Desember 2019 : 14.50
Published by Hariankota
SOLO - Menjelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meninjau harga sejumlah bahan kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Rejosari dan Pasar Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jumat (6/12/1019).

Dari pantauan hariankota.com, tampak Mendag itu akrab menyapa para pedagang dan menanyakan harga kebutuhan pokok di salah satu pasar tradisional di Kota Bengawan itu.

Mendag menyampaikan, jika stok maupun harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat masih terbilang aman dan relatif stabil, yakni masih di bawah harga eceran tertinggi (HET).

Seperti halnya harga cabai rawit merah yakni sebesar Rp 32 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp 29 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp 30 ribu per kg, dan cabai merah keriting Rp 29 ribu per kilogram.

Sedangkan harga bawang merah sebesar Rp 33 ribu per kilogram, bawang putih Rp 32 ribu per kilogram.

Begitu pun dengan harga daging ayam ras yakni Rp 34 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp 25 ribu per kilogram, beras kualitas medium berkisar Rp 9.500 hingga Rp 10 ribu per kilogram, dan beras kualitas bawah yang berkisar Rp 8.500 hingga Rp 9.500 per kilogram.

“Ya saya lihat harganya masih stabil. Stok sembako di pasar pun juga masih cukup aman,” beber Mendag Agus Suparmanto kepada wartawan di sela kunjungannya.

Mendag pun mengatakan, jika stabilitas harga sembako termasuk daging yang kerap dibeli masyarakat menjadi prioritas utama dalam blusukannya kali ini.

"Harapannya semoga harga kebutuhan pokok terus stabil sampai tahun depan, juga tidak ada yang melakukan penimbunan,” tandasnya.

Jurnalis: Kacuk Legowo

Editor: Rahayuwati

Share this Article :