Rekomendasi

Cara Unik Bawaslu Solo Sosialisasikan Pilkada Bebas Money Politik

Minggu, 01 Desember 2019 : 19.07
Published by Hariankota
SOLO – Cara unik dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo dalam melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif untuk mengawal terwujudnya pemilu yang bersih dari money politik (politik uang), anti hoax, anti kecurangan maupun politisasi sara.

Usai berhasil melibatkan kalangan blogger millenial beberapa waktu lalu.

Dengan tujuan serupa kini Bawaslu Kota Solo bekerjasama dengan Pakarso, yakni Paguyuban Kartunis Solo, di sela acara Car Free Day (CFD), di kawasan Jalan Slamet Riyadi Solo, pada Minggu (1/12/2019).

Sosialisasi yang sarat dengan pesan moral terkait Pilkada itu disampaikan Bawaslu Kota Solo dan Pakarso secara kreatif dengan berbagai kegiatan seperti pameran kartun pemilu bersih, lomba swafoto bersama Maskot Bawaslu serta joget bareng Badut Mampang.

Disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Solo, Budi Wahyono, bahwa pihaknya akan terus bekerjasama beragam elemen masyarakat maupun komunitas sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya mengkampanyekan pilkada yang bersih juga bermartabat baik dalam setiap tahapan pemilu maupun diluar tahapan pemilu.

"Penyampaian pesan melalui media kartun ini dipandang lebih efektif karena pesan yang tersampaikan melalui gambar kartun akan lebih mudah ditangkap oleh publik, dengan fine, fun and fresh," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jajak selaku Ketua Pakarso, mengungkapkan apresiasinya kepada Bawaslu Kota Solo yang telah melibatkan komunitas yang mewadahi para kartunis itu.

"Kami menyambut baik atas dilibatkannya Paguyuban Kartunis Solo dalam sosialisasi Bawaslu ini. Beginilah cara kami," ungkap.Jajak pada artawanw di sela acara.

Lebih lanjut, Jajak mengimbuhkan, dengan kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat dapat pula memahami makna yang tertuang lewat karya - karya para kartunis.

Jurnalis: Kacuk Legowo

Editor: Gunadi

Share this Article :