Rekomendasi

Dampak Longsor Dusun Dederan di Karanganyar, Jumlah Pengungsi Bertambah

Rabu, 25 Desember 2019 : 17.40
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Jumlah warga yang diungsikan akibat longsornya tebing setinggi lebih dari 3 meter yang berada di Dusun Dederan RT 2 RW 5 Desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar bertambah.

Sebelumnya, akibat longsoran tebing ini, ada 2 kepala keluarga atau 9 warga yang diungsikan ke daerah yang lebih aman, saat ini, bertambah menjadi 3 kepala keluarga.

Ketiga kepala keluarga tersebut masing-masing, keluarga Warso, Nur Kholif, dan Darmo. Untuk sementara, ketiga kepala keluarga dengan total 14 jiwa, masih tinggal di rumah saudara dan kerabat.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Ngargoyoso, Heru Joko, ketika dikonfirmasi, membenarkan bertambahnya warga yang diungsikan.

Menurut Heru, satu rumah warga yang diungsikan itu, berjarak 20 meter dari bibir tebing dan berdekatan dengan retakan tanah sehingga berpotensi terkena dampak longsor.

Satu rumah warga yang diungsikan tersebut, merupakan milik keluarga Darmo, yang berjumlah lima orang. Dikatakannya, diungsikannya keluarga Darmo tersebut, atas permintaan keluarga. Pasalnya, Darmi sendiri memiliki riwayat penyakit jantung.

“Kita harus mengambil langkah dan segera melakukan evakuasi terhadap keluarga Darmo yang berjarak dua puluh meter dari tebing. Saat ini, tanah masih bergerak, kita khawatir akan terjadi longsoran susulan,” ujarnya, Rabu (25/12/2019).

Ditambahkan Heru, pihaknya meminta kepada kepala desa setempat, untuk mencari gedung kosong sebagai lokasi pengungsian sementara. “Kepada kepala desa juga kami minta agar dicarikan gedung kosong sebagai lokasi penampungan sementara, mengingat proses evakuasi lebih dari tiga hari,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan hariankota.com sebelumnya, Hujan deras yang disertai dengan angin kencang yang melanda kecamatan Ngargoyoso, Senin (23/12/2019) dinihari, mengakibatkan tebing setinggi lebih dari tiga meter, longsor dan menimpa bagian belakang rumah milik Nur Kholif, warga Dusun Dederan Rt 02, Rw 05, Desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Share this Article :