Rekomendasi

Hujan Deras Tenda PKL Taman Pancasila Porak Poranda di Terjang Puting Beliung

Rabu, 04 Desember 2019 : 17.33
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Hujan deras dan angin kencang melanda Karanganyar kota, Rabu (04/12/2019) sekitar pukul 15.30 Wib. Hujan deras disertai angin kencang yang berlangung hanya 20 menit tersebut, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik.

Salah satunya pohon yang berada disisi selatan kantor Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Karanganyar ini. Pohon tumbang nyaris menimpa salah satu pedagang kaki lima. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sementara itu, tenda para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Taman Pancasila, tepatnya di depan rumah dinas bupati Karanganyar, rusak parah akibat diterjang angin kencang yang disertai dengan hujan yang cukup deras.

Pantauan hariankota.com di lokasi, tidak hanya merusak dan menerbangkan tenda, angin juga merusak seluruh barang dagangan para PKL yang saat itu baru akan menggelar dagangannya.

“Kejadiannya cukup cepat. Sebelumnya turun hujan deras. Tidak lama kemudian, datang angin yang cukup kencang dan menerbangkan tenda para pedagang. Dagangan yang sudah siap, seluruhnya juga habis,” ujar salah satu PKL.

Sementara itu, pohon tumbang yang terjadi di sisi Timur kantor bupati Karanganyar, nyaris menimpa salah satu lapak PKL. Joko, pemilik lapak, kepada hariankota.com mengaku kaget saat salah satu pohon yang berada di dekat lapaknya tumbang.

Menurut Joko, awalnya turun hujan yang sangat deras. Menurut Joko, karena derasnya, sampai jarak pandang sangat pendek. Tidak berselang lama, Joko mengungkapkan, disusul angin yang cukup kencang.

“Suasananya mengerikan mas. Sebelum angin kencang, terlebih dulu hujan deras. Tiba-tiba pohon disebelah lapak saya tumbang. Beruntung tidak menimpa lapak saya,” kata dia.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi hariankota.com wakil kepala bidang (Wakabid) Operasional SAR Karanganyar M Rasyid Al Fauzan, mengatakan, wilayah yang terdampak angin kencang cukup luas dan merata.

“Dampaknya merata. Semua terdampak angin kencang dan hujan deras. Wilayah Tasikmadu dan Kebakkramat juga cukup banyak yang kena.

Saat ini, kami sedang melakukan pendataan di lapangan, sekaligus melakukan evakuasi bersama warga dan relawan, jika ada akses jalan yang tertutup pohon tumbang, atau hal lain yang butuh penanganan," kata dia.

Jurnalis; Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :