Rekomendasi

Ini Besaran Anggaran untuk Pengadaan Sepeda Motor Kades di Karanganyar

Minggu, 01 Desember 2019 : 21.33
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Polemik pengadaan sepeda motor Yamaha N Max bagi para kepala desa (Kades) terus meluas.

Meskipun para Kades dipastikan akan menerima sepeda motor, namun, pengadaan sepeda motor ini, tetap dianggap sebagai pemborosan anggaran dan terkesan dipaksakan demi kepentingan tertentu.

Lantas, berapa sebearnya anggaran yag disiapkan untuk pengadaan kendaraan operasional para Kades. Informasi yang dihimpun hariankota.com anggaran yang disiapkan untuk pengadaan sepeda motor ini, cukup besar. Mencapai Rp4 miliar lebih.

“Anggarannya cukup besar mas. Lebih dari empat miliar rupiah,” ujar sumber hariankota.com yang enggan disebutkan namanya, Minggu (01/12/2019).

Ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Narimo, membenarkan jika pengadaan sepeda motor tersebut telah dianggarkan.

Menurut Narimo, pengadaan sepeda motor ini dianggarkan sebesar Rp5,310 milyar.

“Pengadaan ini sudah kita anggarkan untuk pembelian sepeda motor bagi 177 kepala desa dan lurah. Nanti kita lihat harga di Katalog tahun 2020. Anggaran ini juga sudah termasuk antisipasi kalau ada kenaikan,” ujarnya singkat.

Sementara itu, koordintaor lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lentera Karanganyar, Indardi Heru Santoso, melalui sambungan telepon, kepada hariankota.com, mendesak agar Pemkab Karanganyar membatalkan atau melakukan kajian ulang terhadap rencana pembelian ratusan unit sepeda motor bagi para Kades ini, untuk efisiensi anggaran.

Heru menilai, pengadaan sepeda motor tersebut, bukan kebutuhan mendesak.

“Mestinya pemerintah kabupaten Karanganyar dan DPRD, memprioritaskan program sosial yang dihadapi masyarakat. Bukan justeru melakukan pemborosan anggaran kepada hal yang tidak produktif,” tegasnya, Minggu (01/1202019).

Jurnalis: Iwan Iswanda

Foto: ilustrasi

Editor: Gunadi

Share this Article :