Rekomendasi

ISETH 2019 UMS, Jadi Ajang Bertemunya Akademisi Internasional

Selasa, 03 Desember 2019 : 20.32
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebuah kegiatan konferensi internasional diikuti ratusan peserta dari dalam dan luar negeri, digelar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) selama dua hari, Selasa - Rabu (3-4/12/2019).

Kegiatan tahunan ini dikenal dengan nama International Summit on Science Technology and Humanity (ISETH). Tahun ini merupakan penyelenggaran kelima dengan tema Advancing Scientific Thought for Future Sustainable Development.

Dengan kata lain, ISETH 2019 ingin memajukan pemikiran ilmiah untuk pembangunan berkelanjutan di masa depan dengan mengakomodasi pewujudan bentuk interaksi akademik dan pengetahuan.

Selain dari Indonesia, berbagai akademisi dan pakar dari berbagai negara seperti Brunei, Malaysia, Vietnam, Philipina, Thailand, Inggris, Taiwan, Australia, Jepang, Bhutan, India, China, Jordan, Iraq juga Afrika Selatan, dilibatkan dalam bentuk kontribusi yang berbeda-beda.

Ketua Asosiasi ISETH 2019, Prof. Dr. Waluyo Adi Siswanto, kepada hariankota.com usai pembukaan acara di gedung Siti Walidah, Selasa (3/12/2019) menyampaikan, seperti pada tahun sebelumnya, kegiatan selama dua hari penyelenggaran di bagi dalam beberapa konferensi, semua berskala internasional.

"Pada tahun ini ada 9 konferensi, hanya 3 (diantaranya) dilaksanakan tidak dalam waktu yang bersamaan, atau dua minggu lagi. Untuk hari ini salah satunya adalah Internasional Conference of Islamic and Indigenous Psychology (ICIIP)," jelasnya.

Selain itu ada International Conference on Health and Well-Being (ICHWB)), International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS), International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE) dan International Conference of Geography and Disaster Management (ICGDM).

"Untuk tahun ini jumlah peserta lebih banyak dibanding tahun lalu karena ada 9 konferensi. Ada 303 dan itu belum ditambah dengan peserta partisipan," imbuhnya.

Selama dua hari penyelenggaraan ISETH, diisi beberapa kegiatan diantaranya presentasi dari peserta konferensi, bedah buku karya akademik, pameran buku dari dosen UMS yang diterbitkan Muhammadiyah Unversity Press, pameran hasil penelitian, patent dan hak intelektual.

Dalam pembukaan acara, Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si yang diwakili Wakil Rektor I bidang Akademik, Dr. Muhammad Da'i, M.Si menyampaikan, tema yang diangkat tahun ini sangat penting untuk didukung sebagai sarana berbagi ide, dan kemajuan pengetahuan.

"Kami percaya, ini akan memotivasi seluruh peserta untuk mendapatkan pengetahuan tidak hanya untuk individu, tetapi juga untuk seluruh komunitas," tandasnya.

Jurnalis : Sapto

Editor : Mahardika

Share this Article :