Rekomendasi

Jelang Perayaan Malam Tahun Baru, Polisi Razia Petasan

Senin, 30 Desember 2019 : 19.27
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Antisipasi kejadian yang tak diinginkan saat perayaan malam pergantian tahun, Satuan Shabara Polres Sukoharjo menggencarkan operasi merazia sejumlah tempat penjual petasan atau kembang api yang memiliki daya ledak.

Pantauan hariankota.com, sejumlah penjual kembang api di kawasan Pasar Ir Soekrano disisir satu persatu dalam razia yang dipimpin langsung Kasat Sabhara Polres Sukoharjo AKP Thourakhman, Senin (30/12/2019).

“Kami menyasar petasan yang marak di perjual belikan menjelang malam pergantian tahun. Kalau ada yang menjual mercon atau petasan yang memiliki daya ledak langsung kami sita,” tegas Thourakhman.

Menurutnya, penyitaan dilakukan karena petasan mengandung bahan peledak yang jelas - jelas dilarang diperjual - belikan untuk umum. Apalagi jika itu dinyalakan oleh anak - anak tanpa pengawasan orang dewasa.

"Bukan tanpa alasan kami melarang beredarnya petasan. Hal ini untuk menjaga ketertiban di malam pergantian tahun supaya tetap aman dan kondusif. Selain itu juga berkaca dari temuan kasus ledakan petasan sebelumnya," terangnya.

Dari hasil razia H-1 menjelang malam tahun baru ini, untuk sementara tidak ditemukan penjual kembang api yang menjual petasan dengan daya ledak.

"Meski tak ada temuan, kami akan terus melakukan pemantauan hingga malam pergantian tahun nanti," imbuh Kasat Shabara. Selain gelar razia, Sabhara Polres Sukoharjo disebutkan Thourakhman juga melakukan ploting pengamanan di sejumlah titik keramaian dan objek vital.

"Kami menyebar anggota dititik - titik pusat keramian seperti mall, pasar, hotel, gereja dan di jalan yang ramai dengan lalu lintas masyarakat," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :