Rekomendasi

KA Fajar Utama Terhalang Pohon Tumbang Akibat Puting Beliung

Jumat, 20 Desember 2019 : 21.12
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Insiden akibat hujan deras dan puting beliung menyebabkan perjalanan kereta api (KA) Fajar Utama jurusan Pasar Senen - Solo Balapan mengalami sedikit gangguan akibat terhalang pohon tumbang melintang di jalur rel petak Gawok- Purwosari, Jum'at (20/12/2019) sore sekira pukul 14.35 WIB.

Informasi yang didapat hariankota.com tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Oleh petugas SAR dan relawan tanggap bencana yang datang ke lokasi, pohon tumbang langsung dievakuasi agar tak menggangu perjalanan KA berikutnya.

"Pohon yang tumbang tidak menggangu perjalanan kereta api. Terkondisikan dengan cepat," kata Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto saat dihubungi awak media.

Selain menimpa jalur rel KA, angin puting beliung yang melanda sebagian Kabupaten Sukoharjo, tepatnya di wilayah Gawok, Kecamatan Gatak, dan Kadilangu Kecamatan Baki. Sebanyak 8 pohon berbagai ukuran diameter bertumbangan melintang jalan.

Sejumlah bangunan bangunan milik warga dilaporkan juga ada yang mengalami kerusakan, rata - rata kerusakan terjadi pada bagian atap yang porak - poranda tak kuat menahan terpaan angin kencang.

"Satu pohon tumbang melintang jalan di Kadilanggu, 6 pohon roboh di wilayah Desa Blimbing, Gatak juga melintang jalan, dan satu lagi di Desa Klaseman, Gatak, pohon tumbang menimpa kabel listrik," jelas Sri.

Tim BPBD Sukoharjo, menurut Sri bersama pihak - pihak terkait telah berkoordinasi untuk memetakan lokasi - lokasi yang terdampak angin kencang ini untuk selanjutnya melakukan evakuasi.

"Kami bersama Muspika dan relawan kebencanaan melakukan evakuasi dengan berbagi tugas menjadi beberapa Search And Rescue Unit (SRU) agar semua tertangani lebih cepat. Sejauh ini tidak ada korban jiwa," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Kadek Arya Wiguna

Share this Article :