Rekomendasi

Kagumi Banser NU, Ronny Datang dari Amerika Ikut Rakornas di Sukoharjo

Minggu, 08 Desember 2019 : 20.09
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Dari sekian peserta yang hadir dalam rapat koordinasi nasional (rakornas) Barisan Ansor Serba Guna (Banser), Nahdlatul Ulama (NU), ada satu peserta pria warga negara asing yang datang jauh - jauh dari Amerika Serikat.

Dia adalah Ronald Likens Bull seorang profesor antropologi dan studi agama di University of North Florida, Amerika. Dia ikut hadir dalam Rakornas Banser di Ponpes Al-Istiqomah, Kartasura, Sukoharjo selama dua hari, Sabtu-Minggu (7-8/12/2019).

Menggenakan rompi bercorak doreng hijau khas Banser lengkap dengan nama dada dan topi ala koboi, Ronny sapaan akrabnya mengatakan, sudah cukup lama mengagumi Banser. Diawali sejak menempuh pendidikan S3 di Indonesia.

"Saya pertama kali ketemu Banser waktu penelitian Ponpes untuk gelar S3 pada tahun 1994-1995. Waktu itu saya bertemu Gus Dur, dan banyak membantu saya," katanya disela kegiataan mengikuti Rakornas.

Menurutnya, Gus Dur sangat berjasa telah membantunya menyelesaikan studi dalam melakukan penelitian tentang Islam di Indonesia. Bersama Gus Dur dan beberapa kiai lainnya, Ronny berkeliling ke berbagai Ponpes.

"Ini merupakan Rakornas pertama yang saya ikuti sejak mengenal Banser, tapi sebelumnya sudah sering mengikuti acara banser di beberapa tempat, seperti acara diklat," imbuhnya.

Pantauan hariankota.com, Rakornas Banser dibuka oleh Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qomas di gedung PKP Ngabeyan Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (7/12/2019) kemarin.

Sekira 2.500 peserta disebutkan hadir bersama masing - masing Kepala Satuan Koordinator Wilayah (Kasat Korwil) se-Indonesia dan Kasat Koordinator Cabang (Korcab) se-Jawa.

Pada Rakornas kali ini panitia penyelenggara mengusung tema Solid Satu Komando dengan tujuan inti untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Banser di seluruh Indonesia.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Kadek Arya Wiguna

Share this Article :