Rekomendasi

Lolos CAT dan Wawancara, Panwascam Baru Wajib Kantongi Surat Sehat Jiwa

Rabu, 18 Desember 2019 : 16.38
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo telah merampungkan tes seleksi penerimaan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020. Sesuai kebutuhan, 36 orang dinyatakan telah terpilih dari 201 pendaftar.

Mereka dinyatakan lolos setelah menjalani serangkaian tahapan seleksi yakni, mengikuti ujian menggunakan sistem Computer Asissted Tes (CAT) dan sesi wawancara.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Uswatun Mufidah sekaligus Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam kepada hariankota.com, Rabu (18/12/2019) menyampaikan, dari jumlah pendaftar tersebut, 193 dinyatakan layak ikut ujian CAT dan wawancara.

"Namun dari 193 ini, saat tes CAT sebanyak 12 peserta tidak hadir. Kemudian dari jumlah yang ikut CAT, pada sesi wawancara ada yang tidak ikut sebanyak 11 orang, otomatis mereka gugur. jadi total peserta CAT dan wawancara 170 orang," terangnya.

Selanjutnya, meski telah dinyatakan lolos seleksi sebagai Panwascam, 36 orang ini masih harus melengkapi syarat agar dapat dilantik pada 23 Desember mendatang yakni, wajib mengantongi surat bebas narkoba dan surat kesehatan jiwa.

"Bagi mereka yang tidak melengkapi dua syarat itu, bebas narkoba dan kesehatan jiwa maka akan dianulir dan digantikan oleh peserta ranking dibawahnya," tandas Uswatun.

Nantinya 36 Panwascam terpilih akan dibagi untuk 12 kecamatan dengan masing - masing kecamatan yang ada di Sukoharjo diampu oleh 3 orang.

"Dari yang sudah terpilih ini, 41,67% merupakan incumben atau muka lama, sedangkan sisanya sebesar 58,33% merupakan anggota baru. Total ada 32 laki - laki dan 4 perempuan dengan latar belakang profesinya beragam," ujarnya.

Ditambahkan Uswatun, setelah anggota Panwascam baru dilantik, Bawaslu Sukoharjo selanjutnya akan melaksanakan rekrutmen anggota panitia pengawas desa (PPD). "Untuk rekrutmen PPD akan kami laksanakan pada bulan Januari 2020 tahun depan," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :