Rekomendasi

Pastikan Jalur Nataru Aman, Korlantas Mabes Polri Kerahkan 160 Ribu Personil Seluruh Indonesia

Selasa, 10 Desember 2019 : 23.53
Published by Hariankota
SOLO - Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono melakukan survei jalan. Tempat yang paling diwaspadai oleh pihaknya yaitu perlintasan kereta api. Hal iti diutarakan langsung saat melakukan pengecekan jalur Trans Jawa di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah.

"Sekitar 160 ribu personel di seluruh Indonesia diterjunkan untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru," jelas Istiono, Selasa (10/12/2019).

Nantinya, seluruh personil yang diterjunkan akan disiagakan di lokasi yang sudah diprediksi akan terjadi kemacetan, seperti di jalan tol, jalan arteri, lokasi wisata serta lokasi-lokasi lainnya yang berpotensi mengalami kemacetan saat musim libur akhir tahun.

Pantauan hariankota.com yang mengikuti rombongan, Kakorlantas Polri juga melakukan pengecekan jalur perlintasan kereta api di sekitar Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah. Dimana perlintasan sebidang tersebut menjadi salah satu titik kemacetan lalu lintas di seputar wilayah tersebut saat libur.

Perlintasan sebidang kereta api (KA) di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah kerap menjadi salah satu penyebab kemacetan lalu lintas di jalan sekitarnya ketika arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pemicunya karena banyaknya antrean kendaraan.

"Polresta Solo telah melakukan langkah antisipasi dengan mengatur lalin sudah dilakukan dengan baik selama ini," papar Istiono.

Ditambahkan Istiono, perlintasan sebidang kereta api di Purwosari dalam sehari dilewati 136 kali dan berpotensi terjadi kemacetan. Nanti akan disiagakan personel mengatur arus lalu lintas di sekitar perlintasan.

"Jika nanti terdapat antrean panjang, maka akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas oleh petugas. Polres sendiri harus sigap di titik perempatan dan pertigaan yang menyambung di area ini akan dilakukan rekayasa," pungkas Istiono.

Jurnalis: Gatot Pujo Nugroho
Editor: Jumali

Share this Article :