Rekomendasi

Pastikan Natal Aman, Polisi Bawa Anjing Pelacak Sisir Gereja

Selasa, 24 Desember 2019 : 19.18
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Tim Gegana dari Polres Sukoharjo menyisir sejumlah gereja yang menggelar perayaan Natal dengan membawa serta anjing pelacak (K-9), Selasa (24/12/2019).

Penyisiran dilakukan untuk memastikan tempat ibadah umat Kristiani maupun Khatolik yang akan menyelenggarakan ibadah Natal aman dari potensi gangguan yang mengancam keselamatan jiwa.

Pantauan hariankota.com, dengan metal detector, berbagai sudut lingkungan gereja diperiksa oleh petugas berseragam lengkap dengan menenteng senjata. Selain itu, dalam pengamanan ini, Polres Sukoharjo juga dibantu anggota TNI.

“Sterilisasi kami lakukan pada setiap gereja yang menggelar kegiatan perayaan natal dari sekarang hingga besok,” kata Kasat Sabhara Polres Sukoharjo, AKP Thourakhman disela sterilisasi di Gereja Hati Kudus Yesus Kelurahan Gayam, Sukoharjo Kota.

Mengingat tidak semua gereja di Sukoharjo menggelar perayaan Natal, maka sterilisasi dilakukan hanya pada gereja yang menggelar kegiatan perayaan saja.

"Gereja yang menggelar kegiatan Natal biasanya adalah yang memiliki jemaat besar saja. Oleh karenanya, gereja itulah yang berkoordinasi dengan kami," ujarnya.

Ketua Bidang Liturgi Gereja Hati Kudus Yesus Kelurahan Gayam, Sri Raharjo mengatakan, sterilisasi yang dilakukan polisi merupakan hal yang wajar.

"Kami tentu menyambut positif. Apa yang dilakukan petugas polisi adalah dalam rangka memberikan rasa aman pada jemaat yang merayakan Natal," ucapnya.

Selain pengamanan dari kepolisian dan TNI, pihak gereja menurut Sri juga mengerahkan petugas pengamanan dari internal. Mereka akan bekerja sama untuk Jalannya acara.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Kadek Arya Wiguna

Share this Article :