Rekomendasi

Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Difabel Berharap Tak Ada Diskriminasi

Jumat, 27 Desember 2019 : 15.50
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Pandangan bahwa penyandang disabilitas merupakan kelompok berbeda rupanya masih kerap dijumpai berupa perlakuan yang cenderung diskriminatif. Banyak masyarakat kurang memahami terhadap kebutuhan disabilitas.

Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mempunyai kelainan fisik atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan secara selayaknya.

"Anak saya ini adalah anugerah terbesar dalam hidup saya, meski terkadang masih ada yang menilai berbeda. Ngapain ngurus anak yang nggak bisa apa - apa," tutur seorang ibu, orang tua bocah penyandang disabilitas lumpuh layu sambil menitikkan air mata dihadapan Bupati Sukoharjo dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Pendopo Graha Satya Praja, Jum'at (27/12/2019).

Perempuan yang mewakili ratusan orang tua dengan anak penyandang disabilitas yang hadir dalam acara ini, dihadapan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya beserta jajarannya menyampaikan harapan agar terus dibina dan dibantu melalui program - program untuk meringankan beban dalam mengasuh anak - anak mereka.

"Bagaimana nanti nasib anak - anak kami kalau program bapak tidak ada yang melanjutkan. Kami berharap anak - anak penyandang disabilitas terus mendapat bantuan hingga kami bisa mandiri," pintanya kepada bupati.

Menanggapi hal itu, Bupati menyampaikan, selama ini pihaknya sangat konsisten dan berkomitmen untuk memberdayakan penyandang disabilitas. Seperti dengan penyusunan perda tentang disabilitas, pembentukan desa inklusi, penyaluran bantuan modal usaha, jaminan kesehatan, dan lainnya.

"Perda tentang penyandang disabilitas merupakan upaya pemberdayaan penyandang disabilitas.

Hal itu membuktikan komitmen Pemkab Sukoharjo untuk memberikan pemberdayaan, penghormatan, pemajuan, perlindungan dan pemenuhan hak asasi menusia serta kebebasan penyandang disabilitas secara penuh dan setara,” tandas Wardoyo.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo, Djoko Indriyanto menyampaikan, di Sukoharjo peringatan HDI 2019 dengan tema nasional "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul" menghadirkan ratusan warga penyandang disabilitas dan warga yang memiliki anak disabilitas.

"Selain seremonial, kami juga menyalurkan sejumlah bantuan untuk penyandang disabilitas. Melalui momen ini, kami mengajak swasta dan seluruh elemen masyarakat untuk ikut berperan mewujudkan kesetaraan disabilitas untuk mewujudkan keterbukaan serta menciptakan dan memperbesar peluang akses para penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan sosial," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :