Rekomendasi

Samsat Belum Terima BBN PKB Rubicon Bupati Karanganyar?

Jumat, 27 Desember 2019 : 19.13
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Karanganyar, belum menerima Bea Balik Nama Pajak Kendaraan Bermotor (BBN PKB) mobil Jeep Rubicon milik Pemkab Karanganyar yang digunakan sebagai kendaraan dinas bupati.

Diperkirakan, BBN PKB tersebut, awal tahun 2020 diterima oleh UP3AD Samsat Karanganyar. Kepala Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Samsat Karanganyar, Sri Marjoko melalui Kepala Seksi (KASI) Pajak UPPD Samsat, Puryadi, Jumat (27/12/2019).

Puryadi menjelaskan, untuk BBN 1, itu Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), buku tabel pemerintah berdasarkan peraturan menteri dalam negeri, serta Peraturan Gubernur Jawa Tengah.

Dijelaskan berdasarkan regulasi tersebut, NJKB dikali 12,5 persen. Jenis kendaraan tertentu dari tipe dan tahun tertentu. PKB nya adalan NJKB dikalikan bobot 1,5 persen, artinya, jelas Puryadi, besarnya nilai PKB sebesar 12,5 persen.

Ditambahkannya, untuk kendaraan dinas bupati yang baru, jenis Jeep Rubicon, UP3 AD Samsat Karanganyar mengaku belum mengetahui kapan datangnya NJKB Mobil Rubicon Wrangler tersebut.

Namun, pihaknya berencana meminta NJKB di Provinsi Semarang. Jika tidak ada, pihaknya akan meminta ke kantor Kementrian Dalam Negeri.

“Kalau dari sisi regulasi, nilai pajak 12,5 persen. Kalau untuk BBN-PKB mobil dinas bupati yang baru ini, kami belum menerima berkasnya,” ujarnya singkat.

Disisi lain, informasi yang dihimpun hariankota.com nilai pajak mobil Rubicon Wrangler pertahunnya mencapai kisaran Rp12 juta. Pajak ini akan dibebankan kepada APBD Karanganyar.

Nilai PKB ini, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan dua mobil dinas bupati lainnya, yakni, mobil sedan tipe New Camry Nopol AD 1 F, dengan PKB sebesar 1.947,500, per tahun, serta Mobil Fortuner Nopol AD 17 F, dengan PKB lebih besar dari New Camry, yakni sebesar Rp 2.126.250 per tahun.

Pengadaan mobil dinas Jeep Rubicon yang digunakan sebagai kendaraan dinas bupati dan tiba di Karanganyar pada hari Selasa (24/12/2019) lalu, terus menuai pro dan kontra di masyarakat.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :