Rekomendasi

Satu Tahanan Polresta Malang Kota yang Kabur Berhasil Diringkus

Selasa, 10 Desember 2019 : 20.18
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Pelarian Andrian alias Ian, satu dari empat orang tahanan Polresta Malang Kota yang melarikan diri dari sel tahanan akhirnya berakhir dengan timah panas petugas kepolisian.

Ian warga Jodipan Gang 1, Blimbing, Kota Malang, ini berhasil diringkus tim khusus yang dibentuk Polresta Malang Kota untuk mengejar para tahanan yang kabur.

Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Simarmata sendiri mengungkapkan pelaku berhasil diamankan di rumah adiknya berinisial A di Jalan Jodipan Wetan Gang 1, Blimbing, Kota Malang pada Selasa dini hari (10/12/2019) sekitar pukul 00.45 WIB.

"Awalnya pelaku kabur memanjat tembok sekolah dan kabur menyeberang jalan raya depan RSUD Saiful Anwar. Kemudian dia ini berjalan di minimarket belakang rumah sakit, menyetop ojek online yang kebetulan lewat di sana meminta diantarkan ke Jodipan Wetan Gang 3.

Sesampainya di lokasi Ian ini langsung lari masuk gang tanpa membayar jasa ojeknya," jelas Leonardus Simarmata.

Ian kemudian menuju rumah adik kandungnya di Jodipan Wetan gang 3. Kepada adik kandungnya Ian mengatakan dirinya melarikan diri dan akan bersembunyi di dalam langgar sekitar lokasi.

"Pada pagi harinya jam 05.30 WIB, ibu dan adiknya Ian ini menuju ke langgar Al Hikmah untuk melihat keadaannya. Pada jam 08.00 WIB, adiknya Ian berinisial A ini datang ke langgar menyerahkan makanan dan handphone," tutur mantan Wakapolrestabes Surabaya yang akrab disapa Leo ini.

Leo menuturkan sang kakak kandungnya Ian bernama Lutfi yang datang ke langgar sempat meminta Ian untuk menyerahkan diri. Namun ditolaknya karena akan menghadiri pernikahan anaknya.

"Petugas kami pada Senin sore mencium keberadaan pelaku. Namun yang bersangkutan berpindah ke rumah adiknya di gang 1. Hingga akhirnya pada Selasa dini hari tim khusus empat berhasil mengamankan Ian di sekitar gang 1," jelas Leo.

Namun meski telah tertangkap basah, Ian berusaha melawan dan melarikan diri. Oleh karena itu, petugas menghadiahi tembakan ke kaki kanan pelaku hingga roboh. "Yang bersangkutan mau kabur lalu kita berikan tindakan tegas terukur kepada pelaku," pungkasnya.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :