Rekomendasi

Siap-siap, Awal Januari 2020 Kenaikan Harga Rokok Bukan Hoaks

Minggu, 29 Desember 2019 : 00.05
Published by Hariankota
JAKARTA - Bagi Anda perokok, nampaknya kabar ini bukanlah kabar yang menyenangkan. Mulai, tahun 2020, tepatnya awal bulan Januari, harga rokok dipastikan naik.

Naiknya harga rokok pada awal bulan Januari bukanlah kabar hoaks. Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Heru Pambudi menjelaskan, kenaikan cukai tembakau merupakan hal yang lumrah dilakukan.

"Kita sudah siap ya, pabrik rokok saya juga sudah sangat paham karena ini kan sebenarnya reguler sehingga adjusment secara teknis saya kira enggak akan banyak," kata Heru di Kantor Bea dan Cukai, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (27/12/2019).

Kenaikan cukai tembakau mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau (CHT). Disebutkan bahwa kenaikan cukai tembakau sebesar 23 persen dengan harga jual eceran sebesar 35 persen.

Heru juga menyatakan, belum memperhitungkan potensi pendapatan negara atas kenaikan cukai tembakau. Namun demikian, pihaknya sudah siap untuk menerapkan kebijakan tersebut.

"Belum, saya rasa target masih di APBN," tuturnya. Pihaknya mengharapkan agar masyarakat dan produsen rokok bisa memahami kebijakan yang akan diberlakukan pada awal tahun 2020.

Jurnalis Nuraini
Editor: Rahayuwati

Share this Article :