Rekomendasi

Sinergi Perang Lawan Narkoba, P4GN Sukoharjo Jadi Tujuan Studi Banding BNK Cirebon

Selasa, 03 Desember 2019 : 20.49
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Dikenal dengan cara - cara unik dalam setiap kegiatan sosialisasi dan pencegahan bahaya penggunaan narkoba, Tim P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) Sukoharjo jadi tujuan studi banding Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Cirebon.

Pantauan hariankota.com, kali ini sambutan unik juga diberikan Tim P4GN Sukoharjo kepada para tamu yang berkunjung di markasnya, Selasa (3/12/2019).

Seperti yang dilakukan setiap sosialisasi, mereka ada yang berkostum tokoh Gatotkaca, dan ada juga yang membungkus badannya dengan kostum tokoh superhero Spiderman.

"Ini adalah salah satu cara kami merebut perhatian disetiap kegiatan, terutama kalangan pelajar di sekolah - sekolah. Tujuannya agar mereka fokus menyimak materi yang ingin kami sampaikan.

Maklum, anak - anak sekarang ini kan gadget minded jadi harus ada strategi khusus," ungkap Koordinator Tim P4GN Sukoharjo, Agus Widanarko.

Sekretaris Tim P4GN Sukoharjo yang juga Kasi Hubungan Antar Lembaga Kesbangpol Sukoharjo, Budi Santosa menjelaskan, dulu BNK sudah pernah berdiri, namun berdasarkan UU No. 35Tahun 2009 tentang pembentukan BNN disetiap kabupaten/kota maka dibubarkan dulu.

"Namun demikian agar kegiatannya bisa terus berjalan, sesuai intruksi Gubernur Jateng No.61/70/2010 maka dibentuklah Tim P4GN dengan SK Bupati No. 440.05/282/2012. Ini untuk mengisi masa transisi sambil menunggu turunnya izin dari BNN Pusat. Hanya saja sampai sekarang belum turun," ujar Budi.

Setelah mendapat paparan berbagai program dan kegiatan yang dijalankan Tim P4GN Sukoharjo, selaku pimpinan rombongan, Sekretaris BNK Cirebon yang juga Kabag Kesra Pemkab Cirebon Sudarjo, mengungkap ketertarikannya untuk mengadopsi program yang dilakukan Tim P4GN Sukoharjo.

"Kami sangat tertarik dan segera mewujudkan konsep program menarik di Sukoharjo ini ke Cirebon. Salah satunya konsep mobil dongeng dan baca superhero keliling yang diwujudkan oleh penyuluh disini, walau sekarang masih memakai mobil pribadi," tutupnya.

Jurnalis : Sapto

Editor : Mahardika

Share this Article :