Rekomendasi

Survai Median, Pilwalkot Solo 2020 Suara PDIP Terbelah, Gerindra Demokrat Lari Ke Gibran

Senin, 16 Desember 2019 : 17.49
Published by Hariankota
JAKARTA - Lembaga Survei Median menemukan dalam surveinya terdapat kecenderungan terbelahnya pemilih dari PDI Perjuangan, dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo pada 2020.

Pasalnya, dalam Pilwalkot Solo dalam survei Median ditemukan dua nama dengan tingkat popularitas dan elektabilitas tertinggi, yakni Achmad Purnomo, dan Gibran Rakabuming yang berasal dari PDIP.

Dalam temuannya, Median menyebut dari 100 persen pemilih dari PDIP yang memilih Purnomo sebanyak 43,7 persen, sedangkan yang memilih Gibran sebanyak 36,7 persen, lainnya sebanyak 13,1 persen, dan yang tidak menjawab 6,5 persen.

"Terutama di PDIP ada keterbelahan yang sangat besar di Kota Solo," ucap Direktur Utama Median, Rico Marbun di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019). "Konstituen PDIP terbelah di sini. Hampir separuhnya pilih Achmad Purnomo, hampir separuhnya juga pilih Gibran," tambahnya.

Sementara itu, untuk pemilih partai lainnya, Golkar, cenderung lebih banyak memilih Achmad Purnomo, yakni sebanyak 72,5 persen, sedangkan untuk Gibran hanya sebanyak 5,8 persen.

Adapun, pemilih dari Partai Gerindra dan Demokrat justru banyak memilih Gibran. Pemilih Gerindra sebanyak 31,8 persen, dan dari Partai Demokrat yang memilih putra Jokowi sebanyak 50 persen.

"Sementara PKS enggak mau, 0 persen yang milih (Gibran), PAN juga demikian. Jadi nanti di sini bisa jadi bahan evaluasi masing-masing parpol," tutupnya.

Diketahui, survei ini dilakukan Median pada 3 sampai 9 Desember 2019. Median pun melakukannya terhadap 800 responden yang merupakan warga Solo pemilik hak pilih, dengan menggunakan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Okezone

Editor: Gunadi

Share this Article :