Rekomendasi

Tebing Setinggi Tiga Meter Longsor, Dua Keluarga Mengungsi

Senin, 23 Desember 2019 : 19.27
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Hujan deras yang disertai dengan angin kencang yang melanda kecamatan Ngargoyoso, Senin (23/12/2019) dinihari, mengakibatkan tebing setinggi lebih dari tiga meter, longsor dan menimpa bagian belakang rumah milik Nur Kholif, warga Dusun Dederan Rt 02, Rw 05, Desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso.

Sedangkan rumah milik Warso berpotensi ikut longsor karena hanya berjarak 4 meter dari bibir tebing. Akibat longsoran tebing tersebut, 2 keluarga harus mengungsi ke rumah tetangga yang lebih aman.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Ngargoyoso Heru Joko, Senin (23/12/2019) mengatakan, longsor tersebut baru pertama kali terjadi di desa Nglegok. Menurutnya, titik tersebut tidak termasuk daerah yang diperkirakan akan terjadi longsor.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah terdampak longsor untuk tetap waspada dan mengutamakan keselamatan hingga dinyatakan aman.

"Sementara kita pantau karena dampaknya bisa meluas, sementara untuk warga di wilayah terdampak longsoran kita himbau untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman," ujarnya.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bambang Djatmiko, menyatakan, telah membuat posko pemantauan di sekitar lokasi tanah longsor.

“Kita juga berkoordinasi dengan dinas sosial dan basnaz Karanganyar untuk menyiapkan ketersediaan logistik bagi warga terdampak longsor,” ungkapnya.

Ditambahkannya, berdasarkan arahan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar yang telah meninjau lokasi, pihaknya akan memperbaiki saluran drainase yang berada di atas tebing.

"Kami akan mengerahkan warga dan relawan untuk kerja bakti setelah kondisi dinyatakan aman. Melihat konturnya, perlu adanya relokasi," ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Share this Article :