Rekomendasi

Terjunkan Tim Jibom, Brimob Polda Jateng Sterilisasi Sejumlah Gereja Jelang Natal di Solo

Senin, 23 Desember 2019 : 19.18
Published by Hariankota
SOLO - Dengan menggunakan peralatan serta metal detector (alat pendeteksi logam) Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Bataliyon C Pelopor Polda Jateng bersenjata lengkap mulai diterjunkan menyisir sejumlah lokasi gereja di Kota Solo menjelang perayaan ibadah Natal.

Hal itu guna meningkatkan pengamanan untuk menciptakan suasana yang kondusif. Tim Jibom dipimpin oleh Komandan Unit 1 Jibom Brimob Polda Jateng, Iptu Maruto Jono.

Dengan melibatkan sejumlah personil yang juga didukung anggota aparat Polresta Surakarta, Senin (23/12/2019), tim melakukan penyisiran dan sterilisasi di dua gereja, yakni Gereja Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan dan Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton Jebres.

Kepala Sub Bagian Pengendali Operasi Polresta Surakarta AKP Suwandi kepada wartawan mengatakan, penyisiran prioritas dilakukan ke gereja dimana jumlah jemaat yang cukup banyak, yakni melebihi dari dua ribu jemaat dan akan melaksanakan Misa kebaktian lebih dari satu atau dua kali.

"Pada hari ini (Senin) Polresta Surakarta dengan Tim Jibom Brimob Polda Jateng melaksanakan kegiatan sterilisasi. Kami melakukan sterilisasi dua gereja, yakni Gereja Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan dan GBIS Kepunton Jebres," terang AKP Suwandi.

Seperti di GBIS Kepunton Jebres yang pernah terjadi bom bunuh diri pada 25 September 2011 lalu, imbuh AKP Suwandi, pengamanan juga sudah dilakukan dengan melibatkan Perwira Pengendali (Pedal) dengan 9 personel ditambah empat personel dari Brimob beserta anggota TNI di setiap gereja yang masuk kategori rawan 1.

Tak luput dari penyisiran, mulai halaman, altar, kantor hingga setiap sudut ruangan, juga sejumlah benda di dalamnya seperti kursi, meja mimbar dan lilin serta beberapa pernik-pernik di dalam gereja pun menjadi perhatian aparat.

Sementara itu, Komandan Unit 1 Jibom Brimob Polda Jateng, Iptu Maruto Jono menyampaikan, kegiatan penyisiran tersebut merupakan seterilisasi awal, dimana kegiatan pengamanan yang sama juga akan dilakukan pada Selasa (24/12/2019), termasuk ke 16 gereja yang masuk dalam kategori rawan 1 yang akan digunakan untuk ibadah Natal di Kota Solo.

"Hari ini baru kegiatan sterilisasi awal. Mulai besok pagi baru (dilakukan) sterillisasi sepenuhnya," tandas Komandan Unit 1 Jibom Brimob Polda Jateng, Iptu Maruto Jono.

Adapun selanjutnya, sebanyak 20 personel dari Brimob Polda Jateng akan dibagi menjadi dua tim, dengan masing-masing tim 10 personel selama pengamanan ibadah Natal berlangsung hingga Rabu (25/12/2019).

Jurnalis: Kacuk Legowo

Editor: Gunadi

Share this Article :