Rekomendasi

Begini Kesiapan Polresta Kota Malang Hadapi Kerawanan Bencana

Senin, 06 Januari 2020 : 19.57
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Menyikapi kerawanan bencana, Polresta Malang Kota melakukan apel tanggap bencana di halaman Mapolresta Malang Kota pada Senin siang (6/1/2020).

Setidaknya 800 personel gabungan sejumlah instansi telah disiapkan guna melakukan operasi tanggap bencana. Nantinya personel tersebut akan bersiaga dalam operasi yang dilakukan sejak Januari hingga Februari 2020.

Kapolresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata menyatakan berdasarkan prakiraan cuaca BMKG curah hujan di Indonesia masih tinggi sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaan.

"Kita siagakan sekitar 800 personel gabungan, terdiri dari Polresta Malang Kota, BPBD Kota Malang, Dinkes, Tim SAR, Kodim 0833 serta tim relawan, ditambah dengan 100 unit ambulans akan kita siagakan selama 24 jam," tutur Kombes Pol. Leonardus Simarmata.

Polresta Malang Kota juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Malang yang sudah menyiapkan 26 rumah sakit rujukan untuk melayani masyarakat yang terdampak bencana.

"Rumah sakit ini juga akan melayani 24 jam dan tidak boleh menolak pasien yang emergency nantinya," ujar Leo.

Untuk mengantisipasi banjir di Kota Malang, Polresta Malang Kota juga akan melakukan rapat koordinasi dengan Pemkot Batu maupun Pemkab Malang terkait banjir.

"Kami akan koordinasi membahas terkait sampah dan debit air, khususnya yang mengarah ke Kota Malang. Karena kita ini kan terkait satu sama lain," tutur Leo.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto, mengatakan operasi tanggap bencana ini merupakan bentuk mitigasi bencana di Kota Malang.

"Selain itu kami juga akan berkoordinasi terkait penanggulangan bencana nanti seperti apa, pembagian tugas antar instansi nanti seperti apa dan penanggulangan pasca bencana juga nanti langkahnya seperti apa," ujarnya.

Alie berharap agar di Kota Malang sendiri tidak akan terjadi bencana, termasuk juga banjir. "Semoga tidak terjadi apa-apa ya di Kota Malang ini," terangnya.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :