Rekomendasi

Dugaan Korupsi Dana Desa Mantan Kades Naik Status Ke Penyidikan

Rabu, 08 Januari 2020 : 21.11
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Kejaksaan negeri (Kejari) bergeraka cepat dengan meningkatkan status kasus dugaan korups dana desa mantan kepala Desa Ngringo, dari penyelidikan ke tingkat penyidikan.

Meski ditingkatkan ke penyidikan, Kejari Karanganyar, belum menetapkan siapa tersangka dalam kasus ini. Hal tersebut dikatakan pelaksan tugas (Plt) Kajari Karanganyar, Mujiarto, melalui Kasi Intel, Nur Solikhin, kepada hariankota.com di ruang kerjanya, Rabu (08/01/2020).

Menurut Kasi Intel, setelah menerima laporan dari masyarakat tentang adanya dugaan penyimpangan penggunaan dana desa, yang dilakukan oleh mantan Kades Ngringo, SDM, beberapa waktu lalu, pihaknya langsung melakukan proses penyelidikan.Berdasarkan hasil penyelidikan, jelasnya, ada dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi.

“Dari hasil penyelidikan ini, kita mengambil sikap meningkatkan status dari penyelidikan ke tingkat penyidikan dan telah kita limpahkan ke seksi pidana khusus. Kajari juga telah menerbitkan surat perintah penyidikan pada hari Senin 6 Januari 2020 lalu, terkait dugaan tindak pidana korupsi mantan Kades Ngringo, Kecamatan Jaten,” jelasnya.

Dikatakannya, meskipun surat perintah penyidikan teah diterbitkan,, namun pihaknya beum menetapkan Sprindik tersbeutm, belum ditetapkan tersangka dalam kasus ini.

“Saat proses penyelidikan, ada dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi. Namun untuk menetapkan tersangka, masih menunggu hasil penyidikan yang akan dilakukan oleh tim dari seksi pidana khsusus.

Dari hasil penyidikan tersebut, akan diketahui siapa yang bertanggungjawab dan tersangkanya,” tegasnya.

Terkait dengan jumlah kerugian negar, Nur Solikhin mengungkapkan, masih dalam proses audit. Hasil audit ini nantinya yang akan menentukan besarnya jumlah kerugian negara.

“Soal kerugain negara masih kita lakukan audit. Namun berdasarkan hasil perhitungan yang kami lakukan, kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Hanya saja, untuk memastikannya, kita lakukan audit,” tukasnya.

Ketika disinggung menegenai kasus lain diluar mantan kades ngringo, Nur Solikhin menyatakan, mengungkapkan jika ada sejumlah laporan dari masyarakat. Hanya saja dia tidak bersedia menjelaskan lebih lanjut.

“Memang ada laporan. jika nanti ada bukti akan kita tindaklanjuti. Sekarang kita fokus ke Desa Ngringo dulu, apalagi sudah kita tingkatkan ke penyidikan. Kita harus bergerak cepat,” pungkasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :