Rekomendasi

Empat Kecamatan di Gresik Diterjang Banjir Luapan Sungai Lamong

Kamis, 09 Januari 2020 : 18.30
Published by Hariankota
GRESIK - Puluhan rumah di empat kecamatan di Kabupaten Gresik terpendam luapan Sungai Lamong. Ketinggian banjir di beberapa wilayah tersebut bervariasi mulai dari 20 hingga 60 sentimeter.

Dari data yang dihimpun, empat kecamatan yakni Kecamatan Benjeng, Kedamean, Menganti, dan Cerme, Kabupaten Gresik terendam luapan Sungai Lamong.

Di Kecamatan Benjeng terdapat dua desa dilaporkan terendam banjir yakni Desa Lundo dan Desa Guranploso. Di Kecamatan Kademean, satu desa yakni Desa Cermen terendam banjir.

Di Kecamatan Menganti dengan empat desa yang tergenang aliran luapan Sungai Lamong, yakni Desa Gadingwatu, Desa Boboh, Desa Bringkang, dan Desa Putat Lor. Pada keempat desa tersebut air menggenang dengan ketinggian mencapai 30 sentimeter.

Wilayah terparah yang terdampak banjir yakni di Kecamatan Cerme, dimana banjir menggenangi 12 desa yakni Desa Ngembung, Betiting, Dooro, Lengkong, Kandangan, Iker - Iker Geger, Dampaan, Morowudi, Dungus, Dadapkuning, Sukoanyar, dan Desa Guranganyar.

Bahkan banjir sempat membuat arus lalu lintas di Jalan Raya Morowudi pada Rabu kemarin lumpuh lantaran air menggenangi jalan raya hingga ketinggian 70 sentimeter.

Kepala BPBD Kabupaten Gresik Tarso Sagito menyatakan pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel gabungan dari TNI - Polri serta sejumlah relawan gabungan. "Sudah kita siagakan personel di semua lokasi banjir," tuturnya.

Hingga kini banjir di empat kecamatan di Kabupaten Gresik belum dilaporkan adanya korban jiwa maupun korban luka - luka. Namun pihak BPBD Kabupaten Gresik belum melakukan perhitungan terkait kerugian materiil dari banjir ini.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Kadek Arya Wiguna

Share this Article :