Rekomendasi

Grup 2 Kopassus Gelar Kualifikasi SEAFT Championship Indonesia

Sabtu, 04 Januari 2020 : 17.10
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 32 tim sepakbola dari berbagai Sekolah Sekolah Bola (SSB) berkompetisi dalam even Kandang Menjangan Cup di lapangan Grup 2 Kopassus selama dua hari, Sabtu-Minggu (4-5/1/20120).

Even sekaligus merupakan kualifikasi South East Asia Football Talent (SEAFT) Championship Indonesia regional Jawa Tengah (Jateng).

"Even ini juga masih rangkaian HUT Kopassus ke-68, digelar dalam dua nomor pertandingan berdasarkan Kelompok Umur (KU) yaitu, KU 10 Tahun dan KU 12 Tahun," terang Komandan Grup 2 Kopassus, Kolonel Inf Aulia Dwi Nasrullah kepada hariankota.com usai pembukaan.

Juara dalam even sepakbola perdana Grup 2 Kopassus untuk mencari bibit pesepakbola usia dini ini, menurut Aulia akan mewakili SEAFT tingkat nasional dimana pertandingannya bakal diselenggarakan di Kota Semarang.

"Ini baru pertama kali kami selenggarakan atas inisiasi dari koordinator SEAFT Indonesia Champhionship tingkat Jateng. Rencananya, even ini akan kami selenggarakan tiap tahun dalam rangka HUT Kopassus," katanya.

SEAFT Championship Indonesia digelar secara marathon di 15 titik lokasi untuk regional Jateng mulai November 2019 hingga Januari 2020 mendatang. Penyelenggara Kopassus Grup 2 disebutkan merupakan titik lokasi ke 9 dari yang sudah dilaksanakan.

Koordinator SEAFT Championship Jateng, Darmaji yang hadir dalam pembukaan mengatakan, nantinya, juara dari tiap titik penyelenggaraan, akan bertanding ke tingkat nasional.

Dengan kata lain, akan ada 15 tim usia kelahiran 2010 dan 15 tim usia kelahiran 2008 yang akan mewakili Jateng ke final SEAFT Nasional.

''Untuk babak kualifikasi di Jateng digelar di Kota Semarang, Kendal, Demak, Grobogan, Cepu, Pekalongan, Banyumas, dan Banjarnegara. Lalu juga dipertandingkan di Purworejo, Magelang, Ambarawa (Kabupaten Semarang-Red), Salatiga, Klaten, Sragen, dan Solo (Kopassus -Red),'' sebut Darmaji.

Final SEAFT Nasional kata Darmaji, untuk kelompok usia kelahiran 2008 akan digelar di Madiun pada 29 Februari 2020 -1 Maret 2020. Sementara untuk kelahiran 2010, final SEAFT Nasional akan diadakan di Kota Semarang pada 22-23 Februari 2020.

''Juaranya tiap titik nantinya akan bertanding langsung ke tingkat nasional. Dimana juara tingkat nasional akan mewakili SEAFT Indonesia ke SEAFT International Cup di Malaysia pada bulan April 2020,'' ujarnya.

Tim juara nasional yang dikirim ke Malaysia nantinya, seluruh biaya akan ditanggung oleh SEAFT Indonesia. Termasuk diberikannya uang saku bagi 12 pemain dan seorang pelatih.

SEAFT Indonesia tutur Darmaji, akan menjadi jalan bagi anak-anak Indonesia untuk bisa bertanding ke luar negeri secara gratis.

Sebagai catatan, SEAFT merupakan even kalender tahunan komunitas sepakbola usia dini yang mempertandingkan sepakbola anak usia 10, 12, 13, 14, dan 16 tahun.

Anggotanya terdiri dari Negara-negara ASEAN ditambah China dan Australia. Dalam tiap evennya juga hadir pemandu bakat dari negara - negara Eropa.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Ferdinan

Share this Article :