Rekomendasi

Gunakan Perahu Drum, Satpol PP Tangsel Bantu Evakuasi Ribuan Warga Sajira Lebak

Rabu, 08 Januari 2020 : 21.58
Published by Hariankota
TANGSEL - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) inovasikan perahu drum guna membantu mengevakuasi ribuan warga Kampung Somang, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak pasca putusnya jembatan penghubung ke kampung tersebut.

Sedikit 5000 warga yang terisolir akibat derasnya banjir, akibat jembatan penghubung antara Kampung Somang, Kampung Taganjing Desa Suka Jaya dan Kampung Nagrok Desa Sukarame ambruk.

Dikatakan Ketua Regu Penyelamat dari Satpol PP Tangsel, Muksin Alfachry inovasi perahu drum dilakukan karena terbatasnya perahu karet guna membantu menyeberangkan warga yang terisolir tersebut.

"Untuk membantu warga, Satpol PP Kota Tangsel membuat perahu drum dan Flying Fox dalam mengatasi permasalahan terisolasinya kampung tersebut. Hal ini dilakukan karena belum adanya bantuan perahu karet penganti ke lokasi tersebut," kata Muksin dalam keterangan resminya, Rabu (8/1/2020).

"Sejak kejadian banjir pada Rabu (1/1/2020) yang merendam sebagian warga, 2 jembatan yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak turut hancur diterjang arus Sungai Ciberang, sehingga membuat beberapa titik terisolasi," tambahnya.

Pihaknya memberangkatkan sedikitnya 16 orang tim rescue, untuk membantu mengevakuasi sekaligus membersihkan daerah terdampak arus banjir Sungai Ciberang.

"Mendengar informasi tersebut, Satpol PP Kota Tangsel menurunkan tim rescue sebanyak 16 orang untuk membantu membersihkan lokasi bencana banjir dan juga membantu evakuasi warga," katanya.

Muksin menyatakan, terkait kebutuhan makan untuk warga disediakan 2 dapur umum untuk kedua desa tersebut, hingga tugasnya berakhir.

"Hingga hari ini (Rabu 8/1/2020) masih membantu warga dalam aktifitas di Kampung Somang ke Kampung Taganjing. Tim Rescue akan meninggalkan lokasi kejadian untuk kembali ke Tangsel," tandasnya.

Andi salah seorang warga berterimakasih kepada Tim Rescue Satpol PP Kota Tangsel atas segala bantuan dan tenaga yang sudah diberikan di kampung tersebut. "Saya berterimakasih atas bantuan tenaga, waktu yang selama sudah diberikan untuk kami. Kami sangat terbantu," kata Andi.

Jurnalis: Arie Kristianto
Editor: Gunadi

Share this Article :