Rekomendasi

Instalasi Pipa PDAM Rusak, 'Krisis' Air Bersih Landa Kota Malang

Selasa, 14 Januari 2020 : 16.35
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Akibat rusaknya instalasi pipa, ribuan pelanggan PDAM Kota Malang tak bisa menikmati aliran air bersih selama lebih dari tiga hari.

Di Perumahan Bulan Terang Utama (BTU) Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang misalnya, hingga Selasa siang (14/1/2020) ratusan warga dilanda 'krisis' air bersih sejak empat hingga lima hari lalu.

"Sudah sejak Sabtu lalu mati airnya," ungkap seorang warga di Perumahan BTU Blok GA 33 yang enggan menyebutkan namanya.

Akibat lumpuhnya pasukan air bersih dari PDAM ini sejumlah keperluan warga seperti mandi dan MCK menjadi terganggu. "Mau nyuci baju susah, mandi juga harus ngirit air, pokok mandi dan MCK terganggu," keluhnya.

Di sisi lain Ketua RT 9 RW 16 Perumahan BTU, Dedi Setyowibowo menjelaskan ada 48 Kepala Keluarga (KK) di wilayahnya yang terdampak krisis air akibat rusaknya instalasi pipa milik PDAM di Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

"Kalau di sini matinya sudah dari Jumat ada 48 KK yang terdampak matinya air dari PDAM," ucapnya.

Beberapa kawasan di Perumahan BTU ini juga terdampak krisis air, di Blok UJ dan KR misalnya, meski mengalami kekeringan suplai air bersih dari PDAM Kota Malang, warga masih bisa mengakses air yang disediakan pengelola perumahan.

"Kalau di sini memang masih ada air dari sumur milik pengelola perumahan yang ditempatkan di rumah pegawai. Tapi itu biasanya ada waktu - waktu keluarnya," ucap Aris, warga Perumahan BTU Blok UJ.

Dari laporan yang diterima Perumda Tugu Tirta Kota Malang atau PDAM Kota Malang, setidaknya ada sejumlah wilayah di Kota Malang yang mengalami krisis air.

"Dari laporan yang masuk ke kita sejumlah wilayah seperti Buring, Wonokoyo, Cemorokandang, Sawojajar dan sebagian Kota Malang bagian timur terdampak kendala suplai air," beber Lufi Herdono Pengawas Pekerjaan dan Pengadaan Barang PDAM Kota Malang.

Jurnalis:Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :