Rekomendasi

Manfaatkan Momen Imlek, PMI Solo Target 300 Kantong Darah

Sabtu, 18 Januari 2020 : 21.15
Published by Hariankota
SOLO - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo targetkan sebanyak 300 kantong (labu) darah dalam pelaksanaan kegiatan donor darah yang digelar di Kantor PMI setempat, di Jalan Kolonel Sutarto No. 58, Kecamatan Jebres, Solo, pada Sabtu (18/1/2020).

Adapun kegiatan donor darah ini, dikatakan Humas PMI Solo, Riki Mirzam Abdulrozak, merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh pihak PMI Solo berkaitan dengan perayaan Imlek di Kota Solo.

"Ini sengaja kita lakukan di dalam gedung (kantor) PMI. Disamping itu, kami ingin mengenalkan ke masyarakat umum, terkait pelayanan - pelayanan yang ada di PMI Solo, salah satu caranya yaitu menggandeng panitia Imlek," jelas Riki saat ditemui hariankota.com di sela acara.

Mengingat kebutuhan akan darah yang relevan sekarang lebih banyak untuk ke komponen. Maka, imbuh Riki, para pendonor pun lebih diarahkan untuk datang ke kantor PMI Solo, daripada harus jemput bola.

"Kebutuhan akan darah di PMI Solo saat ini yaitu 60 persen kita peroleh dari penyelenggaraan kegiatan donor darah di luar gedung dan 40 persen di dalam gedung.

Jadi sedikit demi sedikit akan kami arahkan ke dalam gedung, karena pelayanan juga lebih bagus, tempatnya juga lebih nyaman," imbuhnya.

Selain itu, Riki menambahkan berkenaan dengan adanya syarat, ketika darah itu diambil dari dalam tubuh untuk bisa diproses ke komponen durasinya lebih pendek. Sedangkan jika diluar gedung akan memerlukan waktu yang lebih lama sampai darah bisa diolah ke komponen.

"Jadi kalau diadakan di kantor PMI setelah darah disadap langsung bisa diolah ke komponen dan kalau ada kebutuhan data pun langsung bisa diberikan, sehingga pelayanan menjadi lebih cepat," tandasnya.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, pihaknya menargetkan sebanyak 300 kantong darah guna memenuhi stok akan darah untuk masyarakat. "Untuk donor darah ini kami targetkan bisa mencapai 300 kantong darah," pungkasnya.

Jurnalis: Kacuk Legowo

Editor: Gunadi

Share this Article :