Rekomendasi

Mobil Tangki PDAM Seluruh Jatim Dikerahkan Bantu Tangani Krisis Air di Malang

Selasa, 14 Januari 2020 : 16.42
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Guna membantu distribusi air bersih ke ribuan pelanggan PDAM Kota Malang, puluhan mobil tangki dari PDAM se - Jawa Timur dikerahkan.

Pengawas Pekerjaan dan Pengadaan Barang PDAM Kota Malang, Lufi Herdono mengatakan setidaknya ada 20 unit mobil tangki yang dilibatkan.

"Terakhir kita dapat bantuan dari Tulungagung yang datang semalam. Ada berbagai daerah PDAM di Jawa Timur yang dikerahkan," ujar Lufi ditemui awak media, Selasa siang (14/1/2020) saat dropping air bersih.

Menurutnya, bantuan mobil tangki dari sejumlah PDAM di Jawa Timur guna memaksimalkan pelayanan air bersih yang susah dicukupi bila hanya mengandalkan mobil milik PDAM Kota Malang.

"Kalau dari Kota Malang hanya punya empat mobil tangki saja. Makanya susah, kita dibantu daerah - daerah lain di Jawa Timur," tuturnya.

Mobil tangki tersebut mengisi air dari sejumlah wilayah yang telah disiapkan PDAM Kota Malang, diantaranya di kantor PDAM Kota Malang, Lowokdoro, Kyai Malik, hingga Sasuit Tubun.

Dalam distribusi bantuan air bersih, PDAM Kota Malang memprioritaskan wilayah - wilayah yang terdampak terparah krisis air bersih.

"Karena mobil tangkinya terbatas sedang cakupan wilayahnya luas ya kita prioritaskan yang terparah. Kalau wilayah yang masih ada sumber air sumurnya kita lewati dulu," jelasnya.

Sebagai informasi, ribuan pelanggan Perumda Tugu Tirta atau PDAM Kota Malang mengalami krisis air bersih imbas macetnya distribusi air akibat rusaknya instalasi pipa PDAM di Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Hingga Selasa siang ini, sejumlah wilayah mengalami krisis air bersih yang bervariasi mulai empat hingga tujuh hari.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :