Rekomendasi

Persaingan Ketat, 203 Peserta Jalani Tes Tertulis Seleksi PPK KPU Sukoharjo

Kamis, 30 Januari 2020 : 17.37
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 203 peserta seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengikuti tes tertulis yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo di Gedung Graha Mulia, Sukoharjo Kota, Kamis (30/1/2020).

Informasi yang diperoleh hariankota.com, berdasarkan jumlah yang lolos seleksi administrasi semula ada 227 peserta, namun pada saat pelaksanaan tes tertulis, ada 24 peserta yang tidak hadir.

“Kami memberikan toleransi keterlambatan 15 menit. Setelah melebihi batas toleransi, peserta yang (terlambat) datang tidak diperbolehkan (masuk) ikut tes,” kata Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda.

Total pendaftar PPK untuk Pikada 2020 di KPU Sukoharjo disebutkan Nuril sebanyak 265 orang. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 227 dinyatakan lolos seleksi administrasi dan 38 tidak memenuhi syarat (TMS).
Dalam tes tertulis ini, sedikitnya ada 50 soal yang harus dikerjakan peserta dengan durasi waktu yang diberikan selama 60 menit atau 1 jam.

"Materi tes, seputar undang-undang dan peraturan KPU mengenai pemilu, pemilihan gubernur, pemilihan bupati, juga materi tentang logistik pemilu," terangnya.
Selain itu, lanjut Nuril, juga ada materi soal teknis kepemiluan, pemutakhiran data pemilih, serta wawasan lokal soal Kabupaten Sukoharjo.

“Ada empat jenis soal berbeda dimana masing-masing peserta akan mengerjakan soal yang berbeda. 50 soal itu semuanya pilihan ganda,” imbuhnya.

Oleh KPU Sukoharjo, pengumuman hasil seleksi tes tertulis akan disampaikan pada 3-5 Februari mendatang. Bagi peserta yang lolos tes tertulis akan mengukuti tahapan tes selanjutnya, yakni tes wawancara.

Dari keseluruhan peserta tes, nantinya oleh KPU Sukoharjo hanya akan dipilih sebanyak 60 peserta yang memenuhi syarat. Mereka akan dibagi menjadi 12, sesuai jumlah kecamatan di Sukoharjo dengan masing - masing 5 PPK.

Salah satu peserta tes, Supriyatmi warga Paluhombo, Bendosari yang mengaku pada pemilu sebelumnya juga pernah ikut tes seleksi mengatakan tidak mengalami kesulitan yang berarti saat mengerjakan materi tes.

"(bobot materi tes) lebih mudah dikerjakan pada seleksi kali ini dibanding materi tes PPK pada 2009 silam. Tadi semuanya pilihan ganda," tutupnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :