Rekomendasi

Pilkada 2020, Netralitas ASN Sukoharjo Jadi Sorotan Bawaslu

Jumat, 31 Januari 2020 : 20.21
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo 2020 tidak hanya dibayangi praktek politik uang, tapi juga berpotensi mengusik netralitas Aparat Sipil Negara (ASN). Peluang mendukung salah satu pasangan calon (paslon) sangat terbuka.

Mengantisipasi hal tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo melakukan upaya pencegahan, berkoordinasi dengan Kantor Inspektorat Kabupaten Sukoharjo.

"Kami telah menyerahkan rancangan terkait himbauan netralitas ASN kepada Kepala Inspektorat Sukoharjo," ungkap Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto saat ditemui hariankota.com, Jum'at (31/1/2020).

Menurutnya, rancangan yang berupa himbauan itu merupakan bagian dari tugas dan fungsi Bawaslu dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi pemilihan kepala daerah agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat yakni, jujur, adil dan langsung (Jurdil)..

"Sebelum terjadi, maka kami mencegah ASN agar tidak terlibat dalam politik praktis berupa kegiatan memberikan dukungan terhadap salah satu bakal paslon," papar Bambang.

Koordinasi sengaja dilakukan sejak awal, tujuannya agar ASN di lingkungan Pemkab Sukoharjo memahami etika dan aturan saat masa kampanye pilkada yang akan berlangsung pada tahun ini.

"Netralitas ASN ini menjadi salah satu obyek pengawasan kami. Harapannya agar tidak ada kegiatan ASN yang menguntungkan atau merugikan terhadap calon lain selama masa kampanye," tandasnya. 

Diantara kegiatan yang dimungkinkan melibatkan ASN, menurut Bambang dapat berupa pertemuan, ajakan, imbauan, seruan, pemberian uang, dan sebagainya.

Pada intinya keterlibatan ASN ini berpotensi memicu gesekan antara masyarakat, serta dapat memantik mosi tidak percaya pada hasil penyelenggaraan pilkada.

"Dengan koordinasi ini, tentu kami harap ada langkah-langkah strategis yang bisa dilakukan baik oleh bawaslu maupun Inspektorat dalam melakukan pencegahan dini, utamanya terhadap ancaman ketidaknetralan ASN," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Kantor Inspektorat Sukoharjo, Joko Purnomo, menyambut baik serta mengapresiasi langkah yang dilakukan Bawaslu Sukoharjo untuk mengajak koordinasi dalam mengawasi dan menjaga netralitas ASN.

"Khususnya kedepan, kami bisa bersinergi serta mampu untuk melakukan kerjasama berupa  sosialisasi pencegahan pelanggaran netralitas," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :